Ada Warna Baru, Ini Bedanya SPBU Pertamina Merah, Biru, dan Hijau

Danang Sugianto - detikFinance
Sabtu, 23 Okt 2021 11:00 WIB
spbu kantong pertamina
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

Jika diperhatikan lebih teliti, terkadang kita menemukan perbedaan di SPBU Pertamina. Perbedaan yang dimaksud adalah warna dominan yang ada di SPBU. Saat ini ada 3 jenis SPBU Pertamina yang dibedakan dengan warna yakni merah, biru dan hijau. Sudah tahu perbedaannya?

Warna merah, biru dan hijau menjadi pembeda karakter dari setiap SPBU Pertamina. Pertama untuk SPBU warna merah yang paling banyak dijumpai masyarakat memiliki slogan Pasti Pas. Jenis SPBU ini sudah diluncurkan sejak 2006.

Lalu pada 2015 Pertamina meluncurkan SPBU warna biru. SPBU ini merupakan pengembangan dari SPBU yang sudah ada sebelumnya dengan slogan Pasti Prima.

Lewat SPBU Pasti Prima, Pertamina menawarkan pengalaman baru 'beyond fuel' berupa pelayanan non-fuel retail, pelayanan energi terpadu dan layanan digital untuk konsumen. Jadi, masyarakat tak sekadar mengisi BBM saat ke SPBU.

SPBU Pasti Prima menyajikan layanan non-fuel retail yakni LPG, pelumas, air & nitrogen hingga restoran. Layanan tersebut lebih lengkap dibanding SPBU Pasti Pas yang kerap dijumpai seperti toilet, isi angin, dan beberapa memiliki minimarket.

Nah yang paling baru ada SPBU warna hijau. SPBU ini memiliki konsep ramah lingkungan dengan tema Green Energy Station. Tujuannya dibuat SPBU berkonsep ramah lingkungan ini untuk mempercepat peralihan dari energi fosil ke energi ramah lingkungan.

Salah satu percontohan ramah lingkungan yang diterapkan SPBU warna hijau ini adalah penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS).

(das/fdl)