Raksasa Gas AS Gandeng Perusahaan RI, Mau Garap Proyek Hilirisasi SDA

Tim detikcom - detikFinance
Selasa, 09 Nov 2021 17:14 WIB
Jokowi di Dubai
Foto: Jokowi di Dubai (Istimewa)
Jakarta -

Perusahaan besar asal Amerika yang mengelola gas dan kimia dan berpengalaman sejak 1940, telah menetapkan sikap untuk berkolaborasi dengan pemerintah maupun pihak swasta Indonesia untuk melakukan investasi dalam industri kimia dan gas.

Kesepahaman yang di tandatangani di Dubai akhir pekan ini disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dalam lawatan ke Persatuan Emirat Arab, Ketua Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Timur, Rois Sunandar Maming sekaligus CEO PT Batulicin Enam Sembilan melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Air Products and Chemicals, Inc (APCI) di Dubai yang disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kesepakatan investasi yang berjangka panjang ini berupa pendirian fasilitas gasifikasi untuk konservasi batu bara bernilai rendah menjadi produk kimia bernilai tambah tinggi seperti Dimethyl Ether (DME).

"Kita memanfaatkan kunjungan ke Dubai untuk dapat menangkap peluang pasar, mengingat perhelatan ini diikuti banyak investor dari berbagai negara. Apalagi Dubai adalah hub internasional, tersambung ke banyak negara, sehingga ini kami optimalkan untuk berpeluang mengikuti pelatihan ekspor dan business matching yang akhirnya terjadi kesepakatan (MoU) dengan mitra bisnis di luar negeri. Kami bekerja sama dengan Air Products & Chemicals" mendorong hilirisasi sumber daya alam (SDA) dan meningkatkan substitusi impor," ujar Rois, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/11/2021).

Hal ini, menurut Rois, merupakan sebagai bentuk penerjemahan visi besar Presiden RI termasuk dalam transformasi ekonomi dan hilirisasi industri.

Bersambung ke halaman selanjutnya.