Kilang Cilacap Kebakaran Terus, Kementerian BUMN: Evaluasi Total!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 16 Nov 2021 10:03 WIB
Warga menonton kobaran api yang terlihat di Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (14/11/2021) dini hari. Tangki 36 T 102 terbakar pada Sabtu (13/11/2021) pukul 19.10 WIB itu berisi komponen pertalite. ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.
Foto: ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA
Jakarta -

Kementerian BUMN buka suara mengenai insiden kebakaran pada tangki di Kilang Cilacap. Atas kejadian tersebut, kementerian meminta PT Pertamina (Persero) mengevaluasi secara total di Kilang Cilacap.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, insiden tersebut sudah terjadi beberapa kali.

"Mengenai kejadian terbakarnya tangki, bukan kilang ya, di Cilacap, ini kan sudah beberapa kali. Kami sudah minta Pertamina untuk melakukan evaluasi khususnya yang ada di Cilacap kenapa sampai bisa kejadian seperti itu," katanya kepada media, Selasa (16/11/2021).

Pihaknya pun meminta Pertamina melakukan evaluasi secara menyeluruh. Harapannya, kejadian seperti itu tidak terulang.

"Jadi kita minta evaluasi menyeluruh dan juga kenapa bisa berulang. Ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan Pertamina. Dan juga evaluasinya harus total, keseluruhannya semua harus dievaluasi. Supaya kejadian seperti ini tidak terulang. Ini evaluasi khusus untuk di Cilacap," katanya.

Kembali, Arya meminta hal-hal tersebut diantisipasi. Ia meminta Pertamina melakukan evaluasi total khususnya di Cilacap.

"Kita berharap antisipasi ke depan jangan lagi ada kejadian seperti ini. Kita tahu bahwa memang Pertamina lagi melakukan improvement tapi ini kejadian lagi. Jadi harus evaluasi total khususnya Cilacap," katanya.

(acd/eds)