Pertamina Kebut Proyek Kilang Tuban, Progres Capai 78%

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Selasa, 23 Nov 2021 20:45 WIB
Kilang Tuban
Ilustrasi/Foto: dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui anak usaha PT Kilang Pertamina Internasional, Pertamina Rosneft Pengolahan dan Petrokimia (PT PRPP), mempercepat pencapaian progres pelaksanaan proyek Kilang Tuban. Diketahui saat ini PT PRPP fokus pada pelaksanaan pekerjaan Front End Engineering Design (FEED) yang sudah mencapai progres 53,79%. Angka ini dinilai telah melampaui target yakni sebesar 11,77% per 12 November 2021.

Paralel, PT PRPP juga tengah menyiapkan paket pekerjaan Early Work untuk pekerjaan pembangunan Worker Camp.

Presiden Direktur PT PRPP, Kadek Ambara Jaya menjelaskan pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini terkait land clearing (pembebasan lahan) untuk kebutuhan pembangunan proyek Kilang Tuban. Proyek tersebut kini sudah memasuki tahap III dan per September 2021 progresnya telah mencapai lebih dari 78%.

"Kini, proses land clearing telah mencapai areal hutan Jatipeteng seluas 125 hektare, di mana 119 hektare di antaranya telah dibebaskan dalam 9 bulan terakhir. Hutan produksi berisi 40.000 tanaman jati (Tectona grandis) ini semula dikelola PT Perhutani dan telah mendapat persetujuan dari pemerintah untuk ditukar guling terkait pengadaan lahan proyek GRR Tuban," ujar Kadek dalam keterangan tertulis, Selasa (23/11/2021).

Dalam pengerjaan proyek, Kadek menyebut Pertamina juga memastikan pembebasan lahan proyek Kilang Tuban atas area hutan industri Jati Peteng sesuai dengan kaidah dan prinsip keberlanjutan. Menurutnya, ruang vegetasi untuk penyerapan karbondioksida di Kabupaten Tuban akan dipertahankan dengan konsep kilang hijau (green refinery) dan reboisasi di area pantai proyek sebagai paru-paru kota.

Bersambung ke halaman berikutnya, masih ada yang menarik. Langsung klik