Serba Robotik dan Automatic, Canggihnya Teknologi Pertambangan Freeport

ADVERTISEMENT

Serba Robotik dan Automatic, Canggihnya Teknologi Pertambangan Freeport

Mustiana Lestari - detikFinance
Jumat, 17 Des 2021 07:10 WIB
ruang kontrol Freeport
Foto: Mustiana Lestari


Selain itu, PTFI juga memiliki tracking system ke para pekerja di bawah tanah dengan kemampuan deteksi melalui Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan pekerja, seperti savox dan cap lamp. Dengan teknologi yang diadaptasi dari teknologi Australia ini, akan diketahui posisi para pekerja.

Sirkulasi udara di dalam tambang bawah tanah juga difasilitasi dengan sirkulasi udara dan kipas untuk memastikan suplai oksigen tercukupi.

"Sistem kontrol sudah otomasi, sistem ventilasi ini ada sensornya yang menghitung kebutuhan oksigen, berapa yang diperlukan lalu dihubungkan ke fan, bukaannya berapa, sudut berapa untuk memastikan suplai oksigen berapa, dari kantor saya juga bisa memantau," ucapnya sembari menunjukkan bar-bar kadar oksigen.

FreeportFreeport Foto: Grandyos Zafna

Sementara di area reruntuhan juga dipasang lampu indikator zona bahaya. Jika area tersebut berbahaya lampu akan menyala merah, namun jika menyala hijau dinyatakan aman.

"Begitu lampu merah berarti harus keluar dari situ dan mencari lampu yang berwarna hijau," pungkasnya.

Kemudian terdapat pula Refuge Chamber yang menjadi ruang perlindungan jika terjadi sesuatu di bawah tanah. Chamber ini dilengkapi dengan kebutuhan bertahan hidup selama sekitar 36 jam.

Semua prosedur keselamatan ini dilakukan latihan berulang kali agar para pekerja terbiasa, contohnya cara memakai savox, atau saat menghadapi kebakaran.

Salah satu operator tambang wanita, Yubrina Radongkir, mengatakan selama bekerja menambang jika ditemukan kesalahan, semua mesin akan otomatis mati sehingga meminimalisasi kerusakan dan bahaya.

"Safety di sini sudah bagus, karena selain masuk kami menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang lengkap, sampai peralatan yang digunakan untuk masuk ke dalam. Ada sistem proteksi sendiri saat loader running bisa langsung mati ketika akan menabrak orang atau mau menabrak daerah operasi minegem," ucap wanita yang bekerja sebagai operator truk loader lewat ruang kendali tersebut.

ruang kontrol Freeportruang kontrol Freeport Foto: Mustiana Lestari

Sebagai informasi, PT Freeport Indonesia telah menerima rekomendasi sertifikasi Occupational Health & Safety Assessment Series (OHSAS) 18001:2007 setelah menyelesaikan audit Ketaatan Tahap ke-2 OHSAS 18001:2007 serta audit Peringkat Bintang National Occupational Safety Association (NOSA) CMB-150N (berdasarkan risiko) yang dilakukan oleh The National Occupational Safety Association (NOSA), sebuah pemasok tingkat dunia untuk layanan manajemen risiko kerja.

detikcom bersama MIND ID mengadakan program Jelajah Tambang berisi ekspedisi ke daerah pertambangan Indonesia. detikcom menyambangi kota-kota industri tambang di Indonesia untuk memotret secara lengkap bagaimana kehidupan masyarakat dan daerah penghasil mineral serta bagaimana pengolahannya.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, ikuti terus beritanya di detik.com/jelajahtambang.


(mul/akn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT