Jokowi Ungkap 'Harta Karun' Istimewa di RI, Apa Itu?

Tim detikcom - detikFinance
Sabtu, 18 Des 2021 21:44 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan 'harta karun' Indonesia yang tak ternilai manfaatnya. Bahkan, 'harta karun' tersebut sangat penting mendukung kesinambungan ekonomi hijau di Indonesia.

Menurut Jokowi, dikutip dari akun Instagram @jokowi, bandul ekonomi dunia kini bergerak mengayun ke arah ekonomi hijau. Untuk itu, Indonesia harus bersiap apabila suatu saat, entah dua, tiga atau lima tahun lagi, dunia hanya menerima aneka produk yang dihasilkan dari energi baru terbarukan.

Nah, energi terbarukan itulah yang kini sedang dikembangkan. Di sisi lain, Indonesia memiliki kekuatan sumber daya alam melimpah untuk mendukung energi terbarukan alias energi hijau tersebut.

Sumber daya alam yang melimpah inilah yang merupakan 'harta karun' untuk mendorong pengembangan energi hijau.

"Kita punya semua sumber energi hijau ini, dari potensi hidro 4.400 sungai, sinar matahari tropis sepanjang tahun, geothermal, sampai angin," terang Jokowi dikutip dari akun Instagram @jokowi, Sabtu (18/12/2021).

Jokowi menambahkan, dengan kekuatan sumber daya alam yang ada, Indonesia bisa bersaing dengan negara lain dalam pengembangan energi hijau.

"Pendeknya, dengan kekuatan sumber daya alam itu, kita punya modal besar untuk bersaing dengan negara-negara lain," tutur Jokowi.

Simak juga Video: Jokowi Harap Pasar Ngawi Jadi Pengungkit Pergerakan Ekonomi Masyarakat

[Gambas:Video 20detik]



(hns/hns)