ADVERTISEMENT

Siap-siap! PLN Padamkan Listrik Saat Banjir Rendam Rumah/Gardu

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Selasa, 21 Des 2021 20:30 WIB
Penormalan Gardu Induk Terdampak Banjir di Kalsel Dikebut
Foto: Dok. PLN
Jakarta -

Memasuki musim hujan salah satu hal yang harus diantisipasi masyarakat adalah banjir. PT PLN (Persero) pun telah memitigasi dampak bencana tersebut agar bahaya dari listrik dapat dihindari.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi menjelaskan demi keselamatan masyarakat PLN akan padamkan listrik apabila rumah warga terendam banjir atau aset PLN seperti gardu distribusi dan gardu induk terendam banjir.

"Keamanan dan keselamatan pelanggan merupakan hal yang paling utama bagi kami," ujar Agung dalam keterangan tertulis, Selasa (21/12/2021)

Selain itu hal pertama yang harus dilakukan masyarakat saat pemukimannya terendam banjir yaitu mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB) di kWh meter. Hal ini untuk menghindari bahaya tersengat aliran listrik.

Selanjutnya, cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak dan naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman.

"Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi," ujarnya.

Apabila terjadi banjir dan listrik belum dipadamkam oleh PLN, laporkan segera melalui PLN Mobile, Contact Center PLN 123 atau hubungi kantor PLN terdekat.

"Selain itu, hubungi juga instansi terkait penanggulangan bahaya banjir," imbuhnya.

Informasi penting selanjutnya di halaman kedua. Langsung klik

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT