Segera Cek! Ini Dia Aturan Terbaru Jokowi soal BBM Premium

ADVERTISEMENT

Segera Cek! Ini Dia Aturan Terbaru Jokowi soal BBM Premium

Tim detikcom - detikFinance
Senin, 03 Jan 2022 14:36 WIB
Sejumlah pemimpin dunia menghadiri KTT G20 di Roma, Italia. Presiden Joko Widodo tampak hadir di tengah-tengah pertemuan elite global tersebut.
Foto: Presiden Jokowi (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja merilis aturan tentang bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium. Kebijakan tersebut tercantum dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 117 tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga Atas Perpres Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak.

Mengutip Perpres 117, pasal 3 ayat 1 menyatakan jenis BBM tertentu terdiri atas minyak tanah (kerosene) dan minyak solar (gas oil). Ayat 2, jenis BBM Khusus Penugasan merupakan jenis bensin (gasoline) RON minimum 88 untuk didistribusikan di wilayah penugasan.

Ayat 3, wilayah penugasan meliputi seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ayat 4 menegaskan menteri dapat menetapkan perubahan Jenis BBM Khusus Penugasan serta wilayah penugasan berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dipimpin oleh menteri yang menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang perekonomian.

Sementara pada ayat 5 menjelaskan jenis BBM Umum terdiri dari jenis BBM di luar Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan.

Pada pasal 21B ayat 1 menyebutkan dalam rangka mendukung energi bersih dan ramah lingkungan, jenis bensin (gasoline) RON 88 yang merupakan 50% dari volume jenis bensin (gasoline) RON 90 yang disediakan dan didistribusikan oleh Badan Usaha penerima penugasan diberlakukan sebagai Jenis BBM Khusus Penugasan sejak 1 Juni 2021, sampai dengan ditetapkan oleh Menteri.

Ayat 2-6 di halaman berikutnya. Langsung klik

Simak Video: Premium-Pertalite Bakal Dihapus, Apa Semua Motor Cocok Pakai Pertamax?

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT