ADVERTISEMENT

Erick Thohir Mau Luncurkan Teknologi 5G di Tambang Freeport, Pertama di ASEAN

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 10 Jan 2022 14:42 WIB
Freeport
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Perusahaan BUMN diminta untuk terus bertransformasi dan berinovasi. Hal ini agar BUMN bisa lebih adaptif dan mampu menjawab tantangan global.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan akan melakukan modernisasi pertambangan dengan menerapkan 5G Freeport Smart Mining. Ini merupakan hasil kolaborasi PT Freeport Indonesia dan Telkom Group ini menjadi yang pertama diterapkan dalam pertambangan di kawasan Asia Tenggara.

"5G Mining kita akan luncurkan sebagai negara pertama di Asia Tenggara pada tahun ini (bulan) Mei," kata Erick ditulis, Senin (10/1/2022).

Peluncuran 5G Mining ini karena sektor pertambangan sangat bergantung pada bantuan alat saat bekerja. Sehingga untuk memudahkannya dengan mengendalikan autonomous vehicle dan robotik dari jarak jauh.

"Fungsi 5G selain untuk menjaga keamanan operasional, karena yang dilakukan adalah kategori tambang dalam sehingga penting sekali proteksi bagi tenaga kerja di dalamnya," tutur Erick.

Dia menyebut 5G Mining juga akan meningkatkan konektivitas integrasi dengan penerapan hyper connect network. Rencananya di sana ada kecanggihan autonomous car atau autonomous truck.

Kehadiran 5G Mining ini juga menjadi penguat, bahwa Kementerian BUMN terus melakukan gebrakan dan perbaikan, demi mewujudkan Indonesia yang maju dan berdaya saing. Sehingga seluruh ekosistem ekonomi harus dikelola oleh bangsa dan dinikmati oleh bangsa sendiri, bukan bangsa lain.

"Karena itu sekarang BUMN sedang memperbaiki seluruh hilirisasi daripada industri sumber daya alam BUMN. Kita harus kembali ke fondasi kita. Sumber daya alam kita harus dihilirisasi di kita, jangan setengah jadi atau 100% belum jadi, dikirim ke luar negeri. Akhirnya nanti setelah diproses balik ke kita lagi," jelas dia.



Simak Video "55 Tahun Kontribusi PT Freeport Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT