ADVERTISEMENT

Harga Avtur Makin Mahal, Begini Penjelasan Pertamina

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 17 Mar 2022 12:59 WIB
Pengisian avtur
Foto: dok. Pertamina
Jakarta -

Harga avtur mengalami kenaikan. Gejolak geopolitik di Eropa Timur, serta tren meningkatnya harga minyak mentah dunia mempengaruhi harga publikasi Mean of Plats Singapore (MOPS) yang mempengaruhi fluktuasi harga avtur.

Tercatat, harga minyak mentah Brent di minggu ke 2 Maret berada di angka US$ 117/barel, 24% lebih tinggi dibandingkan harga Januari. Hal ini berdampak pada harga publikasi MOPS di minggu ke 2 Maret 2022 yang mencapai US$ 125 /barel atau naik sekitar 22% dibandingkan harga MOPS di awal Januari 2022.

"Di tengah kondisi yang sangat fluktuatif ini, Pertamina Patra Niaga siap dan terus berkomitmen memberikan layanan penyediaan avtur bagi seluruh maskapai penerbangan selaku mitra strategis business to business (B2B) perusahaan," jelas Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga SH C&T, Irto Ginting dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (17/3/2022).

Selain mengikuti tren harga MOPS, Pertamina Patra Niaga juga terus memaksimalkan proses penyaluran avtur agar mendapatkan skema yang paling efisien, baik dari segi harga dan pelayanan. Perlu diketahui, dengan skema penyaluran yang efisien, Pertamina Patra Niaga dapat sedikit menahan fluktuasi harga avtur bagi maskapai.

"Bisnis avtur ini bersifat business-to-business, jadi Pertamina Patra Niaga di satu sisi akan memaksimalkan proses dan skema penyaluran dan di sisi lain akan selalu membuka komunikasi dengan seluruh maskapai penerbangan agar kebutuhan avtur di tengah kondisi saat ini bisa terpenuhi sehingga pelayanan penerbangan bagi masyarakat dapat berjalan dengan maksimal," imbuh Irto.

Berdasarkan data Pertamina, harga avtur periode 15-31 Maret 2022 di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng sebesar US$ 87,50 sen per liter untuk penerbangan internasional (international flight price). Sementara, untuk kategori domestic flight into plane/not into plane Rp 13.677,20 per liter.

Harga tersebut naik dibanding periode 1-14 Maret 2022. Harga avtur untuk penerbangan internasional sebesar US$ 76,90 sen per liter di bandara yang sama. Kemudian, untuk domestic flight price into plane/not into plane sebesar Rp 11.967,55 per liter.



Simak Video "Harga Avtur Naik, Maskapai Diizinkan Naikkan Tarif Tiket Pesawat"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT