Menteri ESDM Akan Buka Sidang ETWG-1 G20, Bahas 3 Isu Prioritas

Zefanya Aprilia - detikFinance
Senin, 21 Mar 2022 14:12 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif
Foto: Kementerian ESDM-Menteri ESDM Arifin Tasrif
Jakarta -

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif akan membuka Sidang Energy Transitions Working Group yang pertama (ETWG 1), yang merupakan rangkaian Presidensi G20 Indonesia, pada 24-25 Maret 2022.

"Bapak Menteri ESDM akan hadir pada sidang ETWG 1, sekaligus juga menghadiri acara lainnya yang menjadi side events pada ETWG 1. ETWG di Yogyakarta ini akan menjadi pembuka dari sidang-sidang ETWG," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi dalam keterangannya tertulisnya, Sabtu (19/3/2022).

Sidang ETWG 1, terang Agung, dilaksanakan di Yogyakarta dan akan dihadiri oleh 20 negara anggota G20, 10 negara undangan, dan 8 organisasi internasional, baik secara langsung maupun virtual. Berbagai aktivitas G20 Energy Transitions akan semakin intensif hingga September 2022, lantas keterlibatan stakeholders termasuk public pun sangat diharapkan.

Agung menerangkan pembahasan dalam sidang ETWG-1 meliputi tiga isu prioritas transisi energi, yakni akses, teknologi, dan pendanaan. Akan dibahas juga rencana dan desain utama Road to Bali Communique (Komunike Bali) dari berbagai negara G20 untuk energi transisi.

Dalam sidang itu juga akan dilaksanakan presentasi dari organisasi internasional mitra utama. Sidang juga membahas bagaimana menciptakan energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern untuk semua. Agung menjelaskan, di bidang teknologi akan dibahas upaya peningkatan dan pemanfaatan teknologi untuk pembangunan industri bersih, integrasi energi terbarukan dan efisiensi energi.

Di rangkaian ETWG-1 tersebut, Menteri ESDM juga akan menyaksikan penandatanganan Power Purchase Agreement (PPA) pembangkit energi baru terbarukan (EBT), Green Financing dan pembelian renewable energy certificate/REC.

Rencananya, akan dilakukan parade sepeda motor konversi dari BBM ke listrik. Selain itu juga diadakan seminar internasional terkait de-dieselisasi pembangkit listrik.

Di tempat yang sama, Menteri ESDM juga dijadwalkan mengikuti Energy Transitions Youth Forum yang merupakan forum bagi generasi muda untuk ikut melakukan aksi termasuk memberikan intervensi terkait transisi energi. Intervensi tersebut nantinya akan disampaikan kepada Chairs dan Co-Chairs ETWG Presidensi G20 Indonesia.

"Kami memberikan kesempatan kepada anak-anak muda, para penerus di sektor energi untuk dapat memberikan intervensi dan komitmen terhadap upaya transisi energi,"

Agung melanjutkan, pada Energy Transitions Youth Forum juga akan diluncurkan kompetisi inovasi transisi energi, dan program youth movement dari ESDM, PLN dan Pertamina untuk para generasi muda dalam rangka membangun energi bersih di tanah air.

(ega/ara)