Hitung-hitungan Biaya Pakai Motor Listrik dan Motor Bensin

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 22 Jun 2022 06:00 WIB
Kredit Motor Listrik di BRI Finance Bisa Nggak Pakai DP, Begini Caranya
Foto: Sylke Febrina/detikcom
Jakarta -

Penggunaan motor listrik kini sudah makin banyak. Berbagai merek dan harga yang bervariasi juga sudah tersedia dan membuat masyarakat bisa menentukan pilihan.

Selain itu banyak juga perusahaan pembiayaan yang memfasilitasi motor listrik dan memberikan uang muka yang rendah serta proses yang mudah.

Kira-kira isi ulang motor listrik vs motor bensin lebih murah yang mana ya?

Co Founder PT Swap Energi Indonesia Kevin Phang mengungkapkan jika dibandingkan dengan motor konvensional maka motor listrik bisa menghemat hingga 40%.

Dia menjelaskan saat ini terdapat lebih dari 400 swap poin di wilayah Jabodetabek. Penukaran baterainya pun gratis, pengguna Smoot hanya perlu membayar tarif swap baterai menggunakan sistem kuota.

"Harga kuotanya terbagi tiga opsi, yaitu 100 km harganya Rp 20.000, 250 km harganya Rp 45.000, dan 500 km harganya Rp 80.000," kata dia di Menara BriLian, Selasa (21/6/2022).

Saat ini PT Smoot Motor Indonesia memasarkan varian Smoot Tempur yang merupakan motor listrik pintar karena terkoneksi dengan smartphone.

Di aplikasi Smoot terdapat banyak fitur seperti kondisi motor dan baterai, cashless payment untuk top-up km, GPS Tracker, matikan mesin, hingga membaca rekam jejak perjalanan. Produk Smoot Tempur ini dibanderol seharga Rp 16,5 juta on the road (OTR).

Smoot Tempur dilengkapi baterai lithium berkapasitas 64V 22,5Ah, yang jika terisi penuh mampu menempuh jarak hingga 70 km.

Sedangkan mesin motor listriknya berkapasitas 1.500W, dan mampu melaju dengan kecepatan hingga 60 km/jam. Untuk pengisian baterai, Smoot mengusung konsep swap baterai.

Di mana baterai ditukar di stasiun penukaran baterai atau swap poin. Saat ini terdapat lebih dari 400 swap poin di wilayah Jabodetabek.

Simulasi Hitungan Motor Bensin

Berikut perbandingannya dengan motor bensin. Dikutip dari situs hondacengkareng.com konsumsi bahan bakar per liter untuk Honda PCX 150 sebesar 50,7 km per liter. Jika menggunakan BBM jenis Pertamax 92 yang per liternya Rp 12.500 maka yang harus dikeluarkan adalah sekitar Rp 25.000 untuk jarak sekitar 101 km.

Sedangkan untuk Honda Vario 125 eSP konsumsi bensin sekitar 59,5 km per liter. Berarti Rp 25.000 untuk menempuh jarak sekitar 119 km.

Simak juga video 'Terungkap! Ini Sebab Baterai Kendaraan Listrik Sering Terbakar':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/dna)