ADVERTISEMENT

Beli Pertalite dan Solar Wajib Pakai MyPertamina, Begini Cara Daftarnya

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 28 Jun 2022 12:48 WIB
Sejumlah kendaraan antre mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Tol Sidoarjo 54.612.48, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (11/4/2022). Pemerintah menetapkan Pertalite sebagai jenis BBM khusus penugasan yang dijual dengan harga Rp7.650 per liter dan Biosolar Rp5.510 per liter, sementara jenis Pertamax harganya disesuaikan untuk menjaga daya beli masyarakat yakni menjadi Rp 12.500 per liter dimana Pertamina masih menanggung selisih Rp3.500 dari harga keekonomiannya sebesar Rp16.000 per liter di tengah kenaikan harga minyak dunia. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa.
Foto: ANTARA FOTO/Zabur Karuru
Jakarta -

Pertamina melakukan pengetatan untuk pembelian BBM Pertalite dan Solar yang disubsidi. Salah satunya adalah lewat MyPertamina, mulai 1 Juli 2022 masyarakat harus mendaftarkan diri di aplikasi tersebut.

Lalu bagaimana cara untuk mendaftarkan diri di aplikasi MyPertamina? detikcom pun mencoba menjajal aplikasi tersebut.

Bila sudah melakukan instal aplikasi MyPertamina melalui Google Play Store atau App Store yang pertama dilakukan adalah klik daftar.

Kedua, melakukan registrasi dengan mengisi Nama Lengkap, Nomor Telepon, PIN 6 Digit dan ketik ulang PIN 6 digit dan klik Daftar.

Ketiga, aplikasi MyPertamina akan mengirimkan kode SMS OTP ke nomer telepon yang sudah terdaftar. Keempat, masukkan nomor OTP yang diberikan lewat SMS untuk melakukan verifikasi, klik ok, maka pengguna sudah otomatis login di aplikasi MyPertamina.

Kelima, bila login sudah dilakukan pengguna bisa langsung menghubungkan sarana pembayaran lewat menu metode pembayaran pada ikon 'akun'.

Keenam, pengguna bisa memilih metode pembayaran, mulai dari menyambungkan aplikasi LinkAja ataupun mendaftarkan kartu debit dari bank Mandiri, BRI, dan BNI.

Ketujuh, bila memilih LinkAja, pengguna tinggal mengikuti proses yang ada berupa verifikasi lewat kode OTP via SMS. Dari situ, metode pembayaran sudah langsung terdaftar.

Kedelapan, pengguna bisa juga melengkapi data diri di akunnya dengan mengklik menu 'edit profil' lalu melengkapi informasi dari nama lengkap, email, nomor KTP, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, hingga alamat lengkap.

Nah, bila sudah melakukan tahap-tahap tersebut artinya akun MyPertamina sudah bisa digunakan untuk membeli dan membayar bensin Pertalite dan Solar lewat aplikasi.

Per 1 Juli sendiri Pertamina membuat link pendaftaran sendiri untuk masyarakat yang ingin membeli bensin Pertalite dan Solar. Masyarakat harus mendaftarkan diri dulu lewat website https://subsiditepat.mypertamina.id/ untuk beli bensin Pertalite dan Solar.

Masyarakat yang sudah mendaftar di website tersebut akan diverifikasi datanya terlebih dahulu. Jika sudah diverifikasi, maka masyarakat baru bisa membeli BBM jenis Pertalite dan Solar.

Adapun pendaftaran baru dibuka 1 Juli 2022 mendatang. Meski begitu ada keterangan Pertamina dalam link pendaftaran soal tahapan pendaftaran MyPertamina berikut ini daftarnya:

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id
3. Centang informasi memahami persyaratan
4. Klik daftar sekarang
5. Ikuti instruksi dalam website tersebut
6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina



Simak Video "Kata Warga soal Beli Pertalite Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT