ADVERTISEMENT

Polling detikcom

Setuju Nggak Beli Pertalite-Solar Wajib Punya MyPertamina?

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Rabu, 29 Jun 2022 12:36 WIB
Aplikasi MyPertamina
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Mulai 1 Jul 2022 mendatang, pembelian Pertalite dan Solar akan dibatasi hanya untuk masyarakat yang berhak. Para konsumen yang ingin membeli Pertalite dan Solar diwajibkan sudah terdaftar atau memiliki akun MyPertamina.

"Kami menyiapkan website MyPertamina yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022," ungkap Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution dalam keterangannya belum lama ini.

Alfian menuturkan, warga bisa mendaftarkan datanya lewat website tersebut. Selanjutnya menunggu untuk verifikasi kendaraan dan identitas terkonfirmasi sebagai pengguna yang berhak dan terdaftar.

"Sistem MyPertamina ini akan membantu kami dalam mencocokkan data pengguna," bebernya.

Kebijakan ini sempat mendapat sorotan dari Wakil Ketua Komisi VI DPR Sarmuji. Mulanya ia mendukung kebijakan baru itu dalam rangka mengatasi kebocoran BBM bersubsidi. Ihwalnya, kata dia, pembelian BBM bersubsidi justru dibeli oleh masyarakat yang tak berhak.

Namun ia kemudian mengatakan bahwa masyarakat penerima subsidi yang tak lancar dalam berteknologi bisa jadi problem berjalannya kebijakan tersebut.

"Hanya saja, program ini harus dipermudah dan disertai dengan bimbingan untuk bisa mendaftarkan diri. Problem utamanya orang yang berhak menerima subsidi biasanya tidak lancar berteknologi," kata dia.

Penerapan aturan memang berpeluang menimbulkan masalah baru di lapangan. Anggota Komisi VI DPR Fraksi Gerindra Andre Rosiade menyebut, Pertalite harus mengunakan aplikasi akan membuat masalah, utamanya karena keterbatasan perangkat selular yang digunakan. Menurutnya banyak warga yang tak punya ponsel.

"Bagi masyarakat yang tidak mempunyai handphone atau handphone-nya tidak mumpuni itu masyarakat bisa minta tolong kepada SPBU untuk mendaftarkan dengan modal KTP dan STNK motor dicocokkan," ujar Andre kepada wartawan belum lama ini.

Kalau detikers sendiri setuju nggak pembelian Pertalite dan Solar dibatasi?

Yuk ikutan polling detikcom. Pilih setuju atau tidak setuju di kolom komentar. Jangan lupa sertakan alasannya ya! Polling akan berlangsung pukul 12.00 WIB esok hari, Kamis (30/6/2022).

Simak Video: Beli Pertalite Wajib Pakai Aplikasi, Dasco: Perlu Sosialisasi Lebih Luas

[Gambas:Video 20detik]



(dna/ang)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT