ADVERTISEMENT

Jokowi Mau Umumkan Harga BBM Naik Pekan Depan, Pertamina: Tunggu Arahan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 19 Agu 2022 16:36 WIB
Petugas SPBU melakukan pengisian BBM ke kendaraan bermotor di SPBU COCO Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (16/12/2016).  Terhitung hari ini harga Pertalite naik dari 6.900 per liter menjadi Rp 7.050 per liter, harga Pertamax 92 naik dari Rp 7.600 per liter menjadi Rp 7.750 per liter dan Dex Lite naik dari Rp 6.750 per liter menjadi Rp 6.900 per liter.
Ilustrasi Harga BBM (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengumumkan kenaikan harga BBM pekan depan. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Merespons hal tersebut, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, pihaknya menunggu arahan pemerintah.

"Ya kita tunggu arahan dari Pemerintah," katanya kepada detikcom, Jumat (19/8/2022).

Ia menambahkan, kenaikan harga BBM subsidi merupakan kewenangan pemerintah. Sementara itu, dia menambahkan, harga Pertalite masih dipatok Rp 7.650/liter.

"Hingga saat ini harga Pertalite masih di Rp 7.650 sesuai yang ditetapkan Pemerintah," ujarnya.

Sebelumnya, Luhut mengatakan, minggu depan Presiden Jokowi akan bicara ke publik soal keputusan kenaikan harga BBM. Menurutnya, selama ini pun Jokowi sudah mengeluarkan berbagai indikasi bila subsidi tak lagi bisa ditahan.

"Menaikkan harga Pertalite yang kita subsidi cukup banyak dan juga itu solar, modeling ekonominya (hitung-hitungan) sudah dibuat. Nanti mungkin minggu depan Pak Presiden akan umumkan mengenai apa dan bagaimana mengenai kenaikan harga ini," papar Luhut dalam Kuliah Umum di Universitas Hasanuddin yang disiarkan virtual.

"Presiden sudah indikasikan sudah tak mungkin kita pertahankan terus demikian," tegasnya.

(acd/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT