ADVERTISEMENT

Skenario Terburuk Listrik Inggris di Tengah Krisis: Pemadaman Atau Tarif Naik

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 07 Okt 2022 09:17 WIB
A homeless man sleeps in his sleeping bag on The Strand in central London on October 1, 2022, as campaigners gather in the city to protest against the cost of living crisis. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP) (Photo by JUSTIN TALLIS/AFP via Getty Images)
Ilustrasi krisis di Inggris/Foto: Justin Tallis/AFP/Getty Images
Jakarta -

Krisis energi benar-benar memberikan dampak yang sangat buruk kepada masyarakat Inggris. Pemasok utilitas listrik dan gas Inggris, National Grid telah mengumumkan ada kemungkinan rumah tangga di Inggris akan mengalami pemadaman bergilir di tengah musim dingin.

Rumah tangga Inggris kemungkinan akan mengalami pemadaman listrik hingga tiga jam pada musim dingin ini jika pasokan gas sangat rendah. Perusahaan mengatakan itu adalah bagian 3 skenario terburuk penyediaan listrik Inggris yang sedang disiapkan di tengah krisis energi.

Melansir dari BBC, Jumat (7/10/2022), perusahaan menyatakan masyarakat akan diperingatkan setidaknya sehari sebelumnya tentang pemadaman listrik. Kemungkinan pemadaman akan dilakukan pada saat permintaan tinggi. Bisa jadi di pagi hari, atau lebih mungkin antara jam 4 sore dan 9 malam.

National Grid menyatakan pihaknya akan menyiapkan skema rotasi pemadaman, sehingga pemadaman dilakukan secara bergiliran dan tidak membuat semua wilayah Inggris padam bersamaan.

Inggris Raya sangat bergantung pada gas untuk menghasilkan listrik. Faktanya, pembangkit listrik berbahan bakar gas menghasilkan lebih dari 40% listrik di seluruh Inggris. Mereka juga mengimpor listrik dari Benua Eropa.

National Grid yang bertugas menyalurkan listrik di Inggris, Skotlandia, dan Wales sudah mengatakan invasi Rusia ke Ukraina telah menciptakan kekacauan dan volatilitas yang belum pernah terjadi sebelumnya di pasar energi.

Aliran gas dari Rusia ke Eropa pun telah terputus, membuat negara-negara berebut pasokan alternatif gas. Meskipun Inggris jauh lebih tidak bergantung pada gas Rusia daripada daratan Eropa, Inggris masih bisa mengalami efek samping dari kekurangan pasokan di benua itu.

Apa saja skenarionya? baca di halaman berikutnya



Simak Video "Cadangan Daya Rendah, Jepang Minta Masyarakatnya Hemat Listrik"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT