Menteri ESDM Pastikan BLU Batu Bara Dibentuk Tahun Ini

ADVERTISEMENT

Menteri ESDM Pastikan BLU Batu Bara Dibentuk Tahun Ini

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 21 Nov 2022 17:11 WIB
Komisi VII DPR RI menggelar rapat kerja bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif. Salah satu hal yang dibahas dalam rapat ituadalah wacana kenaikan harga elpiji 3 kg.
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan pembahasan mengenai pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) DMO Batu Bara ditargetkan rampung tahun ini. Saat ini progres pembentukan BLU batu bara masih dalam persiapan rancangan peraturan presiden yang tahapannya sampai harmonisasi antara kementerian dan lembaga (K/L).

"Progres penyiapan rancangan penyiapan peraturan presiden telah sampai kepada pembahasan harmonisasi antara kementerian lembaga yang telah dilaksanakan dalam tiga putaran. Diharapkan pembahasan ini bisa selesai sebelum sebelum memasuki 2023," katanya saat rapat dengan Komisi VII di DPR RI, Senin (21/11/2022).

Pembahasan harmonisasi antara K/L, di antaranya mengenai konsekuensi BLU sebagai APBN khususnya pendanaan bagi pendidikan, kesehatan. "Mekanisme pungutan dan penyaluran akan mengikuti pola pada BPDPKS sawit," lanjutnya.

Arifin juga menjelaskan, BLU batu bara dibentuk untuk kesetaraan harga batu bara antara harga yang didapat di dalam negeri dan luar negeri.

"Ada 800 perusahaan dalam pengelolaan pertambangan batu bara, ini kan juga sementara memenuhi DMO kewajiban memenuhi US$ 70 dan US$ 90, sisanya itu menikmati harga internasional. Mereka minta ada suatu balancing, ini yang diusulkan dibentuknya BLU yang berfungsi untuk himpun dan salur," jelasnya.

Sebelumnya, Kementerian ESDM juga pernah membeberkan progres rencana pembentukan BLU DMO Batu Bara. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Ridwan Jamaludin mengatakan saat itu masih dalam proses izin prakarsa atau persetujuan.

"Sampai pada izin prakarsa, substansinya sudah disiapkan," katanya usai acara GMP Award Kementerian ESDM di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Tidak hanya itu, nantinya untuk merealisasikan pembentukan BLU batu bara dilanjutkan harmonisasi yang ditangani oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Iya sudah, kemudian semacam naskah akademiknya sudah disiapkan kemudian nanti proses harmonisasi yang akan ditangani Kemenkumham," lanjutnya.

Saat ditanya apakah BLU DMO batu bara bisa terbentuk tahun ini, Ridwan mengatakan pihaknya akan mengupayakan untuk tahun ini. Hanya saja dia belum bisa memastikan, karena kebijakan ini juga melibatkan Kementerian/Lembaga lainnya.

"Kita upayakan, kita upayakan tapi saya nggak bisa pastikan karena tidak hanya di tangan kami, lintas kementerian/lembaga," tutupnya.

(ada/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT