Apa Sih Bitcoin Itu? Jadi Gini...

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Senin, 15 Feb 2021 10:39 WIB
SALT LAKE CITY, UT - APRIL 26: A pile of Bitcoins are shown here after Software engineer Mike Caldwell minted them in his shop on April 26, 2013 in Sandy, Utah. Bitcoin is an experimental digital currency used over the Internet that is gaining in popularity worldwide. (Photo by George Frey/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Nama Bitcoin kembali ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Setelah bertahun-tahun dipandang sebelah mata dan dilarang beberapa negara, Bitcoin sekarang makin populer.

Pekan lalu, Tesla mengaku akan menerima pembayaran menggunakan Bitcoin untuk produk mobilnya. Selain itu, perusahaan yang didirikan Elon Musk tersebut memborong Bitcoin senilai US$ 1,5 miliar (Rp 21 triliun) untuk dijadikan kas perusahaan.

Sementara itu Uber dan Mastercard juga mengumumkan rencana untuk menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran. Lalu bank tertua di Amerika Serikat (AS) yang sudah beroperasi sejak 1784, BNY Mellon, berniat mendirikan unit khusus 'aset digital'.

Bitcoin sudah seramai ini jadi bahan perbincangan di mana-mana. Nah kamu sendiri sudah tahu belum apa itu Bitcoin? Sudah punya belum, atau masih pikir-pikir buat punya? Simak dulu penjelasan ringan soal Bitcoin nih biar nambah wawasan seperti dikutip dari CNN, Senin (15/2/2021).

Apa Sih Bitcoin Itu?

Bitcoin adalah mata uang kripto (cryptocurrency) yang diciptakan tahun 2009 oleh orang tak dikenal. Orang tersebut menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Transaksi Bitcoin dilakukan secara anonim, tanpa nama pembeli dan penjual, juga tanpa broker atau perantara. Bitcoin tidak ada bentuk fisik, karena ini mata uang digital.

Bitcoin juga tidak dikontrol oleh bank sentral atau pemerintah, jadi berjalan dengan sendirinya saja. Saat ini sudah lumayan merchant menerima pembayaran Bitcoin, dari Overstock.com hingga PayPal dan jumlahnya terus bertambah.

Orang juga mulai coba-coba berinvestasi di Bitcoin dan hasilnya lumayan juga, apalagi minggu ini di mana Bitcoin baru saja mencetak rekor tertinggi sepanjang masa mendekati Rp 700 juta.

Di mana saya bisa beli Bitcoin? Lihat di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3