Harga Bitcoin Setara Rumah, Bappebti: Waspada, Hati-hati!

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 18 Feb 2021 11:44 WIB
Bitcoin Melambung Di Atas 20 Ribu Dolar, Bakal Jadi Incaran Investor Awam?
Foto: DW (News)
Jakarta -

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memperingatkan masyarakat Indonesia agar berhati-hati dan tidak mudah tergiur dengan aset kripto bitcoin. Uang digital paling mahal itu pun kini harganya setara 1 rumah.

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Pasar Bappebti, Sahudi mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan tidak mudah tergiur dengan pergerakan harga aset kripto, khususnya bitcoin yang merupakan jenis uang kripto yang paling mahal saat ini.

"Waspadai jika bapak ibu akan melakukan transaksi atau investasi pada aset kripto khususnya bitcoin. Jika ingin investasi pada aset kripto lihatlah perkembangannya ke depan dan yang memiliki harga yang aman," ucapnya dalam webinar, Kamis (18/2/2021).

Jika tetap ingin berinvestasi di aset kripto, Sahudi menyarankan agar memilih jenis aset kripto yang pergerakannya tidak terlalu fluktuatif seperti bitcoin. Bappebti sendiri sudah memberikan izin terhadap 13 pedagang aset kripto di Indonesia.

Sebab bitcoin meski memiliki nilai yang paling tinggi tapi fluktuasinya sangat besar. Bappebti mencatat bitcoin juga pernah mengalami penurunan hingga 71,8% dalam waktu 1 tahun.

"Artinya naik sedikit-sedikit tapi tetap terjadi kenaikan tanpa adanya penurunan. Karena dalam aset kripto ini kami lihat perkembangannya terjadi penurunan pada akhir 2019 dari 2018, itu dari US$ 13.657 turun drastis jadi US$ 3.843. Nah ini terjadi penurunan drastis dari 2018 sampai 2019," terangnya.

Meskipun dia mengakui kenaikan harga bitcoin di 2020 dan 2021 sangat tinggi. Menurut catatan Bappebti bitcoin sempat menyentuh harga Rp 684 juta per keping jika dirupiahkan.

"Ini lah yang membuat masyarakat tertarik. Harga 1 bitcoin dalam nilai rupiah telah mencapai Rp 684 juta, bayangkan itu. Ini harganya sudah hampir sama dengan harga 1 unit rumah. Hati-hati makanya, hati-hati," tegasnya.

"Bisa saja ke depan harga aset kripto ini turun. Mungkin ini saatnya yang tepat melakukan aksi jual," tutupnya.

Simak juga video 'Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin':

[Gambas:Video 20detik]



(das/ara)