Dekati Rekor Sepanjang Masa, Harga Bitcoin Tembus Rp 775 Juta

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 10 Mar 2021 14:32 WIB
VANCOUVER, BC - OCTOBER 29: Gabriel Scheare uses the worlds first bitcoin ATM on October 29, 2013 at Waves Coffee House in Vancouver, British Columbia. Scheare said he
Foto: Getty Images
Jakarta -

Harga mata uang digital bitcoin meningkat kuat per kepingnya pada, Selasa (9/3/2021). Kenaikan harga kripto itu mendekati rekor sepanjang masa bitcoin yang terjadi pada Februari lalu.

Dikutip dari Reuters, Rabu (10/3/2021) dalam lima hari belakangan harga bitcoin diketahui tengah menanjak terus. Kemarin harganya menginjak pada US$ 54.206 setara Rp 775 juta (kurs Rp 14.300) per kepingnya, mendekati rekor US$ 58.354 pada 21 Februari.

Bitcoin telah meningkat sekitar 87% tahun ini, secara luas mengungguli kelas aset konvensional, sebagian karena penerimaan yang lebih luas sebagai bentuk pembayaran.

Lonjakan itupun memicu keuntungan di saham terkait, mengirimkan saham penambang cryptocurrency, Riot Blockchain Inc dan Marathon Digital Holdings Inc masing-masing melonjak 28% dan 22%.

Naiknya saham penambang bitcoin karena perusahaan-perusahaan itu telah memanfaatkan kekuatan bitcoin untuk mengumpulkan dana ratusan juta dolar dan memanfaatkan sentimen pasar yang meningkat.

Bank Bitcoin Silvergate Capital Corp meluncurkan program USS$ 300 juta untuk menjual saham yang dilakukan kurang dari dua bulan sejak meningkatkan ekuitas. Sementara perusahaan perangkat lunak intelijen bisnis MicroStrategy Inc baru-baru ini berencana untuk lebih banyak melakukan pembelian bitcoin.

Simak juga 'Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)