Terjun Bebas, Harga Bitcoin Pagi Ini Nyungsep ke Rp 832 Juta

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Senin, 19 Apr 2021 10:14 WIB
A bitcoin (virtual currency) coin placed on Dollar banknotes, next to computer keyboard, is seen in this illustration picture, November 6, 2017. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration
Foto: Reuters
Jakarta -

Harga bitcoin pagi ini ada di level Rp 832 juta. Angka tersebut tercatat menyusut 3,44% dalam 24 jam terakhir.

Demikian dikutip dari data Coindesk, Senin (19/4/2021). Dilihat dari grafiknya, harga bitcoin awal pekan ini tercatat terjun bebas dari level Rp 900 jutaan pada pekan lalu. Dalam sehari terakhir, volume perdagangan bitcoin tercatat 1,49 triliun dengan kapitalisasi pasar mencapai Rp 15,56 triliun.

Imbal hasil emas digital paling populer tersebut dalam setahun terakhir tercatat 95,3%. Sementara harga tertinggi sepanjang masa bitcoin berada di level Rp 944 juta.

Selain Bitcoin, emas digital populer lainnya pagi ini mengalami koreksi. Ethereum terkoreksi 0,13%, XRP terkoreksi 1,4%, dan Stellar terkoreksi 2,91%.

Tiga emas digital dengan imbal hasil tertinggi dalam 24 jam terakhir terpantau Chainlink, Bitcoin Cash, dan Ethereum Classic. Sementara yang paling banyak diperdagangkan adalah Tether, Bitcoin, dan Ethereum.

Sebagai informasi, Bitcoin adalah cryptocurrency pertama yang berhasil mencatat transaksi pada jaringan berbasis blockchain yang aman dan terdesentralisasi. Diluncurkan pada awal 2009 oleh pencipta nama samarannya Satoshi Nakamoto, bitcoin adalah mata uang kripto terbesar yang diukur dengan kapitalisasi pasar dan jumlah data yang disimpan di blockchainnya.

(eds/eds)