Menanti Efek Cuitan Elon Musk ke Harga Bitcoin dan Dogecoin

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 15 Mei 2021 19:30 WIB
Elon Musk founder, CEO, and chief engineer/designer of SpaceX speaks during a news conference after a Falcon 9 SpaceX rocket test flight to demonstrate the capsules emergency escape system at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Sunday, Jan. 19, 2020. (AP Photo/John Raoux)
Foto: AP
Jakarta -

Harga dogecoin tercatat mengalami lonjakan setelah Elon Musk mencuit terkait mata uang kripto tersebut. Dikutip dari CNBC, Sabtu (15/5/2021), disebutkan harga dogecoin tercatat naik 39,4% pada Jumat pagi.

Berdasarkan data bitcoin.com, hari ini harga dogecoin tercatat US$ 0.5170 per keping dengan kapitalisasi pasar US$ 67.04 miliar dan volume transaksi harian US$ 2.51 miliar.

Memang pada Kamis lalu, Musk mencuit jika pengembang dogecoin harus meningkatkan efisiensi dalam memfasilitasi transaksi. Namun hal ini bertolak belakang dengan cuitan Musk pada Rabu lalu yang mengumumkan jika Tesla tak lagi menerima bitcoin sebagai alat pembayaran karena dampak buruk pada lingkungan.

Cuitan tersebutlah yang membuat gencarnya aksi jual di pasar cryptocurrency termasuk dogecoin. Dalam penampilannya di Saturday Night Live, Musk menyebut jika dogecoin ini hanya memberikan 'hiruk pikuk' di pasar cryptocurrency.

Dogecoin memang dipandang sebelah mata oleh pendukung bitcoin. Bahkan dogecoin hanya dinilai sebagai lelucon yang terinspirasi oleh meme 'Doge'.

Namun saat itu membuat komunitas pecinta dogecoin makin berkembang. Sekarang Dogecoin merupakan uang kripto terbesar keempat berdasarkan CoinMarketCap yang nilainya lebih dari US$ 68 miliar.

Pakar keuangan telah memperingatkan jika dogecoin merupakan aset spekulatif yang berpotensi mengalami bubble di pasar kripto.

Pekan lalu Gubernur Bank of England Andrew Bailey memperingatkan jika para investor crypto ini harus siap kehilangan aset yang ada sekarang.

Pada Jumat harga bitcoin juga tercatat naik 3,7% di level US$ 50.695. Kemudian ethereum naik 10,3% menjadi US$ 4.052.

(kil/eds)