Keras! Xi Jinping Berantas Akun Trader Bitcoin Cs

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 08 Jun 2021 15:24 WIB
Xi Jinping Klaim Cina Berhasil Mengentaskan Kemiskinan Ekstrem di Pedesaan
Foto: DW (News)
Jakarta -

Sejumlah akun terkait cryptocurrency di platform media sosial Weibo sudah banyak diblokir oleh pemerintah China yang dipimpin oleh Xi Jinping. Saat ini pemerintah pusat di Beijing sedang melakukan tindakan keras terhadap perdagangan dan penambangan bitcoin.

Melansir dari Reuters, Selasa (8/6/2021), banyak analis dan regulator keuangan di negara tersebut mengharapkan adanya tindakan keras dari pemerintah terkait permasalahan cryptocurrency yang saat ini sedang dihadapi oleh China. Bahkan pemerintah China diharapkan dapat menghubungkan aktivitas kripto ilegal di China secara lebih langsung dengan hukum pidana negara tersebut.

Sebelumnya pada bulan lalu, Dewan Negara atau kabinet pemerintahan China telah bersumpah untuk menindak tegas penambangan dan perdagangan bitcoin. Selain itu pemerintah China juga meningkatkan kampanye melawan cryptocurrency setelah tiga badan industri di China melarang layanan keuangan dan pembayaran terkait crypto.

Selama akhir pekan kemarin, akses ke beberapa akun media sosial Weibo terkait cryptocurrency yang telah banyak diikuti secara luas di China diblokir. Akun Weibo tersebut telah diblokir dengan pesan yang mengatakan setiap akun tersebut melanggar hukum dan aturan.

"Pemerintah memperjelas bahwa tidak ada Elon Musk (CEO Tesla sekaligus seorang opinion leader dari perdagangan kripto) versi China yang dapat eksis di pasar kripto China," kata ajun profesor Sekolah Hukum NYU Winston Ma.

Winston Ma yang juga seorang penulis buku "The Digital War", mengharapkan agar pengadilan tertinggi China untuk segera menerbitkan interpretasi yudisial yang dapat menghubungkan penambangan kripto dan bisnis perdagangan uang kripto dengan badan hukum pidana China.



Simak Video "Indef: Jangan Termakan Pom-Pom Kripto Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)