Kenalin Ini Youssof, Anak 16 Tahun yang Ciptakan Koin Kripto Sendiri

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Selasa, 10 Agu 2021 14:22 WIB
Youssof Altoukhi ciptakan kripto sendiri
Foto: Dok. YOUSSOF ALTOUKHI
Jakarta -

Selama setahun terakhir, jumlah orang yang tertarik dengan dunia kripto meningkat signifikan. Banyak orang yang tadinya pemula belajar tentang industri ini dengan sangat cepat.

Salah satu pengusaha muda yang berhasil meluncurkan koin kriptonya sendiri bernama 'Y Coin' adalah Youssof Altoukhi. Siapa dia dan seperti apa koin yang diciptakannya itu?

Belajar Bisnis Sejak Sekolah

Youssof dibesarkan di London, Inggris. Meskipun usianya masih muda, ia sudah melakukan sejumlah kesempatan mengejutkan dalam dunia bisnis.

Perjalanan pertamanya dalam bisnis saat menjual produk buatannya ke teman-temannya di sekolah. Bermodal printer 3D sebagai hadiah ketika dia masih di sekolah dasar, dia belajar cara membuat produk khusus.

Dia membuat casing telepon khusus untuk teman-temannya. Meskipun ada beberapa kesalahan, ia akhirnya membuat casing yang berhasil dijual ke orang-orang.

Dia kemudian membuat situs web dasar yang dapat dipesan orang. Tidak banyak pesanan tapi ini jadi pengalaman berharga buatnya dalam dunia bisnis online.

Ide bisnis berikutnya adalah di bidang yang dia minati dengan menjual kembali sepatu kets dan pakaian edisi terbatas. Dia membuat Instagram serta situs web dan membeli beberapa sepatu kets. Namun, permintaan terbatas dan ada sejumlah penipuan yang ditemui.

Dia kemudian mendorong pemasaran lewat kerja sama dengan influencer. Namun, titik balik datang untuk bisnis tersebut ketika dia mengiklankan bisnisnya di Google Maps yang tidak dilakukan oleh pesaingnya saat itu karena mereka berfokus pada platform media sosial lainnya.

Nama bisnisnya disebut 'Little Kicks' atau 'Tendangan Kecil'. Dengan nama itu, ketika orang mengetik 'tendangan' atau 'tempat membeli tendangan', merek tersebut akan muncul di bagian atas hasil pencarian.

Begitu dia menambahkan toko, mereka langsung mendapatkan lonjakan traffic yang menghasilkan banyak penjualan. Dia sempat menjalankan bisnis ini selama lebih dari setahun sebelum akhirnya menyadari bahwa logistik, pergudangan, dan aktivitas fisik bisnis yang berjalan beriringan dengan sekolah dan komitmen lainnya terlalu menyibukkan.

Mulai Berinvestasi

Ingin menjelajahi sesuatu yang lebih pasif, yang tidak melibatkan fisik seperti berdagang, Youssof mulai mencari lebih dalam soal investasi di pasar saham. Dia membuat akun perdagangan latihan untuk mendapatkan beberapa pengalaman.

Setelah mencoba ini, dia mulai menginvestasikan sejumlah uang di pasar saham ketika berusia 10 tahun. Sampai akhirnya pada 2016 ia menemukan pasar cryptocurrency. Dia melakukan penelitian untuk memahami dasar-dasar Bitcoin.

Saat masa di mana cryptocurrency begitu tinggi harganya pada 2017, ia menemukan koin 'alt' dan bagaimana masing-masing dari mereka memecahkan masalah yang unik. Dia berinvestasi dalam beberapa koin ini pada 2017 dan pada 2018, membeli beberapa penambang ASIC untuk menambang bitcoin dan berbagai mata uang kripto.

Dia pun mendulang hasil yang banyak pada akhir 2020 dan 2021 ketika pasar cryptocurrency lepas landas. Namun, ada masalah yang terus muncul dalam peluncuran koin yang dia temukan sehingga dia tidak sepenuhnya nyaman hingga akhirnya memutuskan meluncurkan koinnya sendiri.

Simak juga video 'Ini Kata Young Investor Pilih Kripto atau Saham':

[Gambas:Video 20detik]