Menjajal Trading Binomo Cs, Rasanya Seperti Main Judi?

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 02 Sep 2021 10:47 WIB
binomo
Foto: Angga Aliya ZRF/detikcom
Jakarta -

Berlandaskan rasa penasaran, detikcom menjajal trading di aplikasi Binomo dan kawan-kawan. Satu hal yang membuat kami penasaran adalah situs trading ini sudah berkali-kali diblokir oleh pemerintah dan otoritas berwenang, namun terus muncul.

Jika mereka terus muncul, kami menyimpulkan bahwa pengguna mereka masih ada. Lalu mengapa masih ada saja orang di Indonesia yang mau berinvestasi di aplikasi yang sudah dicap bodong?

detikcom akhirnya menjajal salah satu salah satu penyedia jasa trading yang dicap bodong tapi cukup terkenal, yakni Binomo. Sebenarnya Binomo Olymp Trade, IQ Option, hingga Octa FX memiliki satu kesamaan yakni sama-sama menggunakan sistem trading yang bernama binary option.

Binary option sendiri merupakan sistem trading yang sangat sederhana, pengguna hanya cukup memilih antara 'naik atau turun'. Sistem trading ini sering disebut banyak seperti main judi. Benarkah demikian?

Jika sudah melalui proses pendaftaran di Binomo yang kami rasa sangat mudah, maka pengguna baru akan mendapatkan saldo Rp 14 juta atau US$ 1.000. Tapi jangan senang dulu, itu hanya akun demo, tidak bisa langsung dicairkan. Mungkin si platform ingin penggunanya menjajal dulu.

Awalnya kami mencoba menggunakan akun demo itu. Ada beberapa pengaturan yang bisa dilakukan seperti jangka waktu trading hingga besaran nilai pembelian dan time frame.

Jangka waktu sendiri merupakan pilihan untuk berapa lama tranksaksi akan dilakukan. Pilihannya bisa menit, jam hingga hari. Misalnya kita menebak harga instrumen investasinya akan naik dalam waktu 1 menit. Jika kita memilihnya di harga Rp 100, lalu 1 menit kemudian harga di level Rp 110, maka kita langsung dapat profit.

Besaran nilai transaksi yang ingin dipertaruhkan juga bisa dipilih. Di Binomo mulai dari Rp 14 ribu, Rp 70 ribu, Rp 140 ribu, Rp 280 ribu, Rp 700 ribu, Rp 1,4 juta, Rp 2,8 juta hingga Rp 14 juta. Oiya, pecahan mata uangnya bisa dipilih dalam bentuk dolar AS maupun euro. Pilihannya dilakukan di awal saat pendaftaran.

Kemudian untuk jenis aset yang pilih beragam, mulai dari indeks kripto, berbagai jenis kripto, forex hingga CFD (contracts for difference). Kami mencoba peruntungan di aset Crypto IDX dengan akun demo.