Tips Daftar Akun Bitcoin yang Perlu Kamu Tahu!

Erika Dyah Fitriani - detikFinance
Minggu, 03 Okt 2021 10:10 WIB
A man holds a sign with a message that reads in Spanish; Dont steal our pensions, during a protest against the country adopting Bitcoin as legal tender, along the Pan-American Highway, in San Vicente, El Salvador, Tuesday, Sept. 7, 2021. El Salvador became the first country to adopt Bitcoin as legal tender Tuesday, but the rollout stumbled in its first hours and President Nayib Bukele informed that the digital wallet used for transactions was not functioning. (AP Photo/Salvador Melendez)
Foto: AP/Salvador Melendez
Jakarta -

Keberadaan Bitcoin kian populer di Tanah Air. Sebab mata uang digital ini memiliki nilai tukar yang fantastis. Oleh karena itu saat ini Bitcoin jadi pilihan instrumen investasi bagi banyak orang.

Meski tampak menggiurkan, ada banyak istilah Bitcoin yang kompleks dan sering membuat orang ragu untuk memulainya. Agar tak lagi bingung, berikut tips sebelum mendaftar akun Bitcoin yang perlu Anda tahu.

1. Dapatkan Dompet Bitcoin

Sebelum membeli Bitcoin, Anda perlu menyiapkan dompet Bitcoin yang akan menjadi pusat penyimpanan virtual Anda. Fungsinya sendiri sama seperti dompet fisik yang bisa menyimpan uang, debit, dan kartu kredit Anda.

Ada dua jenis dompet Bitcoin yang bisa jadi pilihan, yakni dompet berbentuk software yang tersimpan dalam hard drive komputer Anda, dompet online, juga dompet offline yang berfungsi layaknya brankas.

2. Pilih Platform Exchange Bitcoin

Setelah memiliki dompet, Anda harus mendaftar pada platform exchange atau platform bursa cryptocurrency 'fiat-to-crypto' untuk menukar uang reguler ke dalam mata uang cryptocurrency seperti Bitcoin. Saat Anda membeli Bitcoin, perusahaan akan menetapkan harga dan mengenakan biaya untuk layanan mereka, sehingga Anda perlu memilih platform pertukaran yang cocok, terpercaya, dan andal untuk digunakan.

3. Daftarkan Akun

Setelah menemukan pertukaran yang cocok, Anda harus mendaftar dan menyelesaikan pemeriksaan keamanan untuk dapat mengakses laman akun pertukaran cryptocurrency baru. Biasanya, Anda harus memasukkan alamat email, memilih kata sandi, dan mengkonfirmasi email untuk mendapatkan akun baru ini.

4. Lengkapi Pemeriksaan Keamanan

Sebelum mulai membeli Bitcoin, Anda biasanya harus melengkapi pemeriksaan keamanan dalam bursa pembelian yang Anda pilih. Hal ini digunakan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Untuk pemeriksaan keamanan, Anda umumnya akan diminta menambahkan nomor telepon untuk melakukan two-factor authentication (2FA) serta mencegah orang lain mengakses akun Anda tanpa memiliki akses password dan nomor telepon Anda. 2FA ini menjadi pelengkap serta fitur keamanan ekstra untuk melindungi akses Anda dari pihak tak bertanggung jawab.

5. Tambahkan Metode Pembayaran

Saat mendaftar akun Bitcoin, Anda juga perlu menambahkan metode pembayaran untuk melakukan pembelian Bitcoin pertama. Anda bisa menambahkan rekening bank, kartu debit, atau kartu kredit sebagai alat pembayaran.

6. Setorkan Dana ke Akun Exchange Anda

Untuk langkah ini, Anda perlu memilih jumlah uang tunai yang harus ditransferkan ke bursa pertukaran (exchange) Anda. Biasanya, biaya dan waktu yang berlaku akan bergantung pada jenis pembayaran yang Anda pilih.

Pembelian melalui kartu debit/kredit dapat dilakukan sementara instan, sementara transfer umumnya memerlukan waktu tambahan yang lebih lama. Setelah menyelesaikan langkah ini, Anda akan memiliki uang di dompet Bitcoin pada akun Anda.

7. Beli Bitcoin dengan Uang Tunai atau Dapatkan Bayaran dalam Bitcoin

Untuk kepraktisan, Bitcoin juga dapat dibeli dengan uang tunai. Terutama bagi orang yang kurang memiliki pemahaman teknologi atau kurang mengerti cara pembelian melalui kartu yang lebih rumit. Selain membeli Bitcoin, Anda juga bisa mendapatkan bayaran dari Bitcoin. Misalnya, jika Anda memiliki pekerjaan sampingan dengan pilihan pembayaran Bitcoin, Anda bisa menerima bayaran tersebut dalam bentuk cryptocurrency ini dan menyimpannya di dompet Bitcoin Anda.

Jika sudah mengerti tentang cara mendaftar akun Bitcoin, maka Anda perlu menentukan platform jual-beli cryptocurrency yang aman bagi Anda, seperti Luno Indonesia.

Luno Indonesia merupakan platform beli, jual, simpan, dan trading dengan berbagai aset uang digital. Di Luno Indonesia, Anda bisa menemui bermacam aset uang digital,mulai dari Bitcoin, Ethereum, XRP, dan lainnya.

Trading Bitcoin di Luno Indonesia dijamin aman sebab platform ini memiliki otentikasi dua faktor (2FA) untuk memberikan ekstra proteksi ke akun Anda. Selain itu, password yang Anda miliki di Luno Indonesia juga bisa disimpan dalam bentuk hash. Sehingga, tidak ada siapapun selain Anda yang memiliki akses ke password tersebut.

Pilihan pembayaran yang diberikan platform Luno Indonesia pun cukup beragam. Dengan kemudahan ini, Anda akan dapat melakukan deposit maupun penarikan dengan cepat.

Luno Indonesia juga memiliki fitur Dompet sehingga transaksi jual-beli kripto dapat dilakukan secara cepat dan instan. Anda juga tidak perlu menyiapkan modal yang begitu besar untuk berinvestasi Bitcoin di Luno indonesia, sebab Bitcoin di platform ini bisa dibeli mulai dari Rp 25 ribu saja.



Simak Video "Nasehat Buat Sangkuters Kripto Sebelum Cut Loss "
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)