Amitabh Bachchan hingga Salman Khan Ramai-ramai Cari Cuan dari NFT

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 25 Okt 2021 11:07 WIB
LONDON, ENGLAND - JANUARY 27:  Actor Amitabh Bachchan attends a photocall for Shamitabh at St James Court Hotel on January 27, 2015 in London, England.  (Photo by Tim P. Whitby/Getty Images)
Amitabh Bachchan/Foto: Tim P. Whitby/Getty Images
Jakarta -

Demam aset digital non-fungible token (NFT) sudah merambah ke India. Kini selebriti Bollywood dan hingga atlet kriket berlomba-lomba cari cuan dari aset tersebut.

Sebagai informasi, NFT adalah aset digital yang menggunakan blockchain untuk mencatat kepemilikan barang karya seni seperti gambar, video, dan koleksi lainnya. Jadi, melalui NFT karya seni digital itu bisa diperjualbelikan.

Dikutip dari Reuters, Senin (25/10/2021) karena demam NFT telah merebak di India, superstar Bollywood, Amitabh Bachchan dan Salman Khan pun berminat untuk meluncurkan karya seninya melalui NFT.

Bachchan mengumumkan akan meluncurkan poster dari film-filmnya dengan tanda tangannya. Sementara Khan baru hanya mengumumkan rencana peluncuran NFT-nya.

Menurut pemilik platform penjualan NFT, Bollycoin, Ayaan Agnihotri mengungkap meski NFT masih asing di India, dalam platformnya sudah ada 8 juta token NFT yang terjual dari total 20 juta. Satu BollyCoin bernilai 10 sen dolar AS.

Tidak hanya artis, atlet kriket India, Dinesh Karthik nampaknya lebih dulu mencari cuan melalui NFT. Dia telah menjual videonya saat bertanding dan mendapatkan enam kemenangan pertandingan. Harga yang dijual 5 ethereum atau senilai sekitar US$ 20.000.

Ada juga, salah satu perancang busana papan atas India, Manish Malhotra baru-baru ini menjual NFT sketsa digital dari beberapa kreasinya yang paling terkenal seharga US$ 4.000 per buah.

Sebenarnya, aset digital NFT ini masih mengundang pro kontra. Sebagian orang yang tidak berminat mengungkap, rasanya sia-sia untuk mengeluarkan uang banyak, hanya untuk membeli barang yang tidak ada fisiknya hanya dilihat secara online.

Namun, volume penjualan global NFT telah melonjak menjadi US$ 10,7 miliar pada kuartal III-2021. Nilai itu naik delapan kali lipat dari kuartal sebelumnya sebagaimana data dari pelacak pasar DappRadar.



Simak Video "Donasi Amitabh Bachchan Bantu India Hadapi Krisis Tsunami COVID-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)