Apa Itu Digital Marketing: Pengertian, Contoh, dan Strateginya

Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 26 Okt 2021 15:42 WIB
digital marketing
Foto: shutterstock
Jakarta -

Banyak di antara kita yang masih bertanya-tanya apa itu digital marketing? Digital marketing adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Seiring dengan kemajuan teknologi, tren di dunia bisnis juga semakin bervariasi. Di era yang sudah serba digital ini, salah satu tren bisnis yang sedang berkembang saat ini adalah digital marketing.

Mungkin kamu pernah melihat suatu merek atau produk dari suatu perusahaan yang melakukan kampanye online (digital campaign) melalui website, blog, dan media sosial suatu perusahaan. Atau mungkin kamu juga pernah melihatnya melalui website dan social media suatu perusahaan.

Semua hal tersebut itulah yang disebut disebut dengan istilah digital marketing. Melansir dari jurnal.id, Selasa (26/10/2021), konsep dan penerapan digital marketing ini dilakukan dengan tujuan untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand.

Dengan kata lain, tujuan digital marketing adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Terlebih seiring dengan kemajuan teknologi, penerimaan pesan melalui media internet di masyarakat semakin luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam digital marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, promosi media cetak, iklan televisi dan radio, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

Banyaknya digital marketing yang dipakai oleh perusahaan-perusahaan, membuktikan bahwa metode ini memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang dapat diperoleh. Lalu apa saja kelebihan dari digital marketing?

Berikut beberapa kelebihan dari pemasaran digital dibandingkan dengan pemasaran konvensional: Baca di halaman berikutnya



Simak Video "Tips Jualan di TikTok Bagi Pemula"
[Gambas:Video 20detik]