Ini Profil PT Terbit Financial Technology, yang Gugat GoTo Rp 2 T

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 09 Nov 2021 13:44 WIB
Jakarta -

Heboh perebutan nama merek kembali terjadi di Indonesia. Kali ini, PT Terbit Financial Technology mengaku sudah lebih dulu memiliki merek produk bernama GOTO, atas hal itu Gojek dan Tokopedia dituding plagiat dan melanggar hak atas merek.

Karenanya, PT Terbit Financial Technology yang melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sejak tanggal 2 November. Gugatan soal hak atas merek ini memiliki nomor perkara 71/Pdt.Sus-HKI/Merek/2021/PN Niaga Jkt.Pst.

Sementara itu, tergugat dalam kasus ini adalah PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Tokopedia. Keduanya diminta membayar ganti rugi hingga Rp 2 triliun lebih.

Dalam petitum gugatan yang dilihat di SIPP PN Jakpus, Senin (8/11/2021), disebutkan merek GOTO telah lebih dulu terdaftar pada Dirjen Kekayaan Intelektual Kemkumham dengan nomor IDM000858218 atas nama PT Terbit Financial Technology. Dengan begitu merek GoTo yang diusung Gojek dan Tokopedia saat merger telah melanggar hak atas merek.

Dari penelusuran detikcom, PT Terbit Financial Technology adalah sebuah perusahaan startup e-commerce Indonesia. Tak banyak informasi resmi yang bisa ditemukan soal perusahaan yang menggugat Gojek dan Tokopedia ini, bahkan website resmi perusahaan ini pun tak ada yang bisa diakses.

Satu-satunya informasi resmi yang bisa didapatkan detikcom hanya alamat perusahaan dan logo GOTO yang dibuat versi Terbit Financial Technology. Hal itu diketahui dari laman Pusat Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM.

Merek GOTO didaftarkan atas nama perusahaan PT Terbit Financial Technology yang berkantor di Gedung World Trade Center II Lt. 18 Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Sementara untuk alamat surat menyurat dengan perusahaan ditulis pada COHIVE (BLVBOOK) Lt.9, Menara Prima, Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Tanggal penerimaan logo GOTO tersebut pada Dirjen Kekayaan Intelektual ditulis pada 10 Maret 2020, dan diumumkan pada tanggal 23 Maret 2020. Merek mulai dilindungi ditulis per 10 Maret 2020 hingga 10 Maret 2030.

Logo GOTO milik Terbit Financial Technology ini memiliki status (TM) Didaftar, dengan nomor pendaftaran IDM000858218. Pendaftaran dilakukan 25 Mei 2021.

Sementara itu, dihimpun dari berbagai sumber, PT Terbit Financial Technology adalah perusahaan digital yang menyediakan platform perdagangan terpadu. Menghubungkan semua pemain dalam rantai pasok dengan mempersingkat lapisan distribusi perdagangan yang panjang.

(eds/eds)