Luhut Blak-blakan Pinjol Ilegal Marak di Kampungnya

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 12 Nov 2021 17:42 WIB
Menteri Koordinator Kemaritiman
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa di kampungnya banyak pemberi pinjaman ilegal. Diketahui pula bahwa maraknya pinjaman online (pinjol) ilegal menjadi perhatian penting Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Luhut menyampaikan banyaknya penyedia pinjaman ilegal di kampungnya saat memberikan sambutan pada acara UMKM Toba Vaganza yang disiarkan di saluran YouTube Jasa Keuangan, Jumat (12/11/2021).

"Saya ucapkan selamat dan apresiasi kepada OJK atas penyelenggaraan festival 'UMKM Toba Vaganza: UMKM Bangkit Ekonomi Tumbuh'. Ini merupakan dukungan nyata bagi UMKM kita di Sumatera Utara," kata Luhut saat memberikan sambutan.

Luhut menjelaskan bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Keberadaan usaha mikro, kecil, dan menengah itu sangat penting.

"Karena UMKM ini sebenarnya adalah tulang punggung ekonomi, dalam keadaan susah sebenarnya tanpa kita sadari UMKM Ini memainkan peran yang sangat penting," jelasnya.

Kemudian mantan Menko Polhukam itu pun mengungkapkan banyaknya pemberi pinjaman online yang bertebaran di kampung halamannya itu. Dikutip dari situs Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Luhut lahir di Simargala, Huta Namora, Silaen, Toba Samosir, Sumatera Utara, 28 September 1947

Selanjutnya, Luhut pun meminta masalah pinjol ilegal mesti diselesaikan.

"Banyak di kampung kami ini Pak Wimboh itu pinjaman-pinjaman ilegal, ya itu perlu diselesaikan," tambah Luhut.

Lihat juga Video: LBH Jakarta Bersama 19 Warga Gugat Jokowi Gegara Pinjol!

[Gambas:Video 20detik]




(toy/hns)