Jokowi Rilis 'Senjata Baru' Lawan Dominasi Asing di Unicorn RI Desember Ini

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 27 Nov 2021 18:15 WIB
ilustrasi startup
Ilustrasi/Foto: Internet
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan Merah-Putih Fund pada pertengahan Desember mendatang. Merah Putih Fund ini adalah perusahaan pendanaan yang bertujuan untuk mengembangkan potensi unicorn di Indonesia. Selama ini startup Indonesia yang menjadi unicorn masih disuntik modal oleh investor asing.

"Desember Presiden akan meluncurkan Merah Putih Fund yang didukung Telkom dan Telkomsel untuk mendukung startup Indonesia," kata dia dalam acara Orasi Ilmiah 'Globalization And Digitalization: Strategi BUMN Pasca Pandemi' yang digelar Universitas Brawijaya, Sabtu (27/11/2021).

Erick menyebutkan untuk startup yang akan didukung Merah Putih Fund ini adalah foundernya harus orang Indonesia, beroperasi di Indonesia dan harus go public di Indonesia.

Jika sudah go public di Indonesia maka bisa melakukan go public di luar negeri. "Di Indonesia dulu (go public). Karena sekarang banyak perusahaan startup kita pindah ke Singapura karena di-funding, ya nggak salah," ujarnya.

Sebelumnya Erick pernah menyampaikan Indonesia tidak pernah mengintervensi kegiatan ekonomi digital di dalam negeri. Kehadiran Merah Putih Fund diharapkan menjadi solusinya.

"Kita sendiri tidak pernah mengintervensi daripada kegiatan digital ini, karena itu kita melaunching Fund Merah Putih dengan 3 benang merah: satu founder-nya orang Indonesia, kedua perusahaannya operasional di Indonesia, ketiga go public-nya mesti di Indonesia bukan go public-nya di Singapura," jelasnya.

(kil/eds)