Jual-Beli Uang Kripto Bisa Lewat WhatsApp, Begini Caranya!

Tim Detikcom - detikFinance
Senin, 13 Des 2021 11:51 WIB
SALT LAKE CITY, UT - APRIL 26: A pile of Bitcoins are shown here after Software engineer Mike Caldwell minted them in his shop on April 26, 2013 in Sandy, Utah. Bitcoin is an experimental digital currency used over the Internet that is gaining in popularity worldwide. (Photo by George Frey/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Kabar baik bagi kriptomania! Kini jual beli kripto bisa dilakukan lebih mudah, yaitu lewat aplikasi WhatsApp.

WhatsApp dikabarkan tengah menguji coba fitur baru yang bisa membuat pengguna aplikasi untuk mengirim dan menerima uang kripto di dalam ruang obrolan. Tapi sabar, untuk sementara fitur ini baru bisa digunakan terbatas di Amerika Serikat.

Fitur ini didukung oleh Novi, sebuah aplikasi dompet digital yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Meta (yang sebelumnya bernama Facebook).

Melansir dari The Verge, Jumat (10/12/2021), kabar mengenai uji coba ini disampaikan oleh bos baru program Novi, Stephane Kasriel, dalam akun Twitter pribadinya.

"Ada cara baru untuk mencoba dompet digital @Novi. Mulai hari ini, sejumlah orang di AS dapat mengirim dan menerima uang menggunakan Novi di @Whatsapp , membuat pengiriman uang ke keluarga dan teman semudah mengirim pesan," tulisnya dalam cuitan tersebut.

Menurut situs web Novi, melakukan pembayaran atau mengirim mata uang kripto dapat dilakukan seperti mengirim lampiran lain di WhatsApp. Pengguna dapat mengakses fitur tersebut melalui ikon klip kertas di Android atau ikon + di iOS, lalu pilih "Pembayaran" dari menu yang muncul.

Fitur ini disebut tidak membebankan biaya apapun untuk mengirim atau menerima uang. Selai itu fitur ini juga tidak ada batasan seberapa sering pembayaran dapat dikirim, dan tidak ada biaya untuk menyimpan saldo di akun Novi atau untuk menariknya ke rekening bank Pengguna.

Tidak hanya itu, fitur pembayaran kripto ini juga tidak akan memengaruhi enkripsi end-to-end WhatsApp, yang diterapkan secara default untuk semua percakapan pribadi.

Fitur uji coba ini awalnya tersedia di AS dan Guatemala, tetapi WABetaInfo mencatat bahwa pengguna di Guatemala tidak akan dapat mengakses fungsi pembayaran kripto WhatsApp yang baru ini. Oleh sebab itu para pengguna masih harus menggunakan aplikasi Novi secara terpisah.



Simak Video "Nasib Kripto Pasca Fatwa Haram MUI"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)