Wow! Valuasi Marketplace NFT OpenSea Tembus Rp 185 T

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 07 Jan 2022 14:30 WIB
NFT
Ilustrasi/Foto: Istimewa
Jakarta -

Pasar online NFT, OpenSea saat ini memiliki nilai sekitar US$ 13 miliar atau Rp 185,9 triliun (asumsi kurs Rp 14.300). Kok bisa ya?

Platform ini memungkinkan transaksi perdagangan NFT seperti karya seni digital. Bahkan sejumlah NFT sudah terjual dengan harga jutaan dolar AS.

Pihak OpenSea menyebutkan perdagangan NFT di platform tersebut naik 600 kali lipat pada 2021. Namun hal tersebut dikritisi karena kenaikan terlalu tinggi dan berisiko.

Pendiri OpenSea Devin Finzer mengungkapkan tahun lalu mereka melihat adanya ide terkait NFT. Apalagi saat ini banyak investor yang sepertinya kekurangan tempat untuk berinvestasi.

"Terlalu banyak uang yang ada dan terlalu sedikit tempat untuk 'menyimpannya'. Bahkan orang kaya saja sekarang membeli tiket lotre," ujar dia dilansir BBC, Jumat (7/1/2022).

Saat ini memang banyak bisnis, klub olahraga, dan selebriti yang memproduksi atau membeli NFT. Apalagi belum lama ini rapper Eminem merogoh kocek US$ 450 ribu untuk gambar Bored Ape yang mirip dengannya.

Paling tenar adalah Bored Ape Yacht Club (BAYC) yang memiliki ribuan NFT dengan ilustrasi digital kera antorpomorfik. Bored Ape merupakan yang paling populer di OpenSea dan perdagangannya sudah menyentuh US$ 1 miliar.

Chainalysis mengungkapkan total perdagangan NFT diproyeksi bisa tembus US$ 40,9 miliar. Namun angka ini disebut masih rendah dibandingkan transaksi pasar seni global yang mencapai US$ 50,1 miliar.

(kil/ara)