NFT Jadi Cara Baru Jual Karya Digital, RI Punya Pasar Lokal Buat Jualan?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 13 Jan 2022 11:20 WIB
Membeli Tanah Virtual di Metaverse
Foto: Mindra Purnomo/detikcom
Jakarta -

Dunia digital sedang ramai dengan NFT atau singkatan dari Non-fungible Token yang merupakan sertifikat digital untuk mengetahui keaslian suatu hasil karya di dunia maya.

Dunia lisensi dan sertifikasi terganggu dengan munculnya NFT, sehingga setiap hal fisik atau digital dapat memiliki hak cipta dan menjadi berharga. Karena lisensi NFT dapat dilampirkan ke objek digital apa pun, itu membuka cakrawala nilai untuk objek digital terbatas di dunia maya.

Sambutan ini semakin didukung dari adanya istilah Metaverse yang menggambarkan sebuah kemajuan dalam kehidupan kita selanjutnya. Kita dapat membuat, membeli, dan menjual barang virtual dari satu platform ke platform lainnya.

Metaverse mengacu pada dunia maya yang secara terus menerus menghubungkan aspek dunia fisik dan dunia digital.

Dari uraian di atas, hal ini semakin memperjelas bahwa saat ini sudah bukan lagi memasuki era transaksi digital saja, tapi era dimana sebuah karya digital yang dapat ditransaksikan telah dianggap memiliki nilai value yang tinggi.

Fungsi dari adanya NFT menunjukkan bahwa salah satu cara apresiasi karya digital untuk para pembuat karya dengan adanya lisensi autentik untuk karya digital mereka.

Lalu bagaimana kesiapan industri di tanah air menyambut NFT ini? Apakah sudah tersedia marketplace atau pasar digital untuk melakukan penjualan produk NFT? Buka halaman selanjutnya.