ADVERTISEMENT

NFT Jadi Cara Baru Jual Karya Digital, RI Punya Pasar Lokal Buat Jualan?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 13 Jan 2022 11:20 WIB
Membeli Tanah Virtual di Metaverse
Foto: Mindra Purnomo/detikcom

Social interaction menjadi salah satu kunci penting di Metaroid, kreator NFT perlu membangun komunikasi dan rantai emosional agar pengguna dapat memahami nilai kreator yang terwujud dalam aset yang mana ini menjadi tujuan akhir terjadinya apresiasi karya tersebut.

Interaksi sosial dalam platform ini bukan hanya bertujuan untuk mengundang audience bertransaksi, akan tetapi dapat diwujudkan ke dalam misi lainnya yang bisa menjadi sebuah aksi berdampak bagi sosial.

Salah satu kreator sekaligus seniman ternama di dunia yaitu, Ananda Sukarlan telah mendaftarkan NFT karyanya di Metaroid yang bahkan telah terjual hampir 1 Milliar untuk sebuah aksi sosial yang digalang oleh pembelinya di marketplace Metaroid.

Berbeda dari platform NFT lainnya, satu NFT yang dicetak di Metaroid akan dibuat menjadi sebuah folder yang terdiri dari seluruh dokumen lisensi berserta dengan karyanya. Salah satu bentuk konkretnya ialah seperti musisi dapat dengan mudah mencetak satu album lengkap berisikan beberapa objek digitalnya dalam satu folder.

Metaroid juga telah menggunakan format NFT mutakhir, yaitu 1155 yang memungkinkan sebuah aset digital beserta eksemplar otentiknya yang dapat diatur jumlahnya. Dengan format ini, seorang kreator dapat menghasilkan satu aset digital langka yang dapat ditransaksikan menjadi ribuan aset digital terbatas.

Seperti 1 buah karya CD musik yang dapat didistribusikan menjadi berjuta-juta kopi yang masih berlisensi.


(hal/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT