Harga Bitcoin Gampang Anjlok, Orang Jadi Ogah Pakai buat Alat Bayar

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 17 Jan 2022 10:20 WIB
Ilustrasi Kripto
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Dominasi bitcoin sebagai alat pembayaran mulai menurun. Platform layanan pembayaran kripto, BitPay mengungkap pada 2021 orang yang menggunakan pembayaran dengan bitcon turun menjadi 65% dari 92% pada 2020.

Mengutip dari Bloomberg, Senin (17/1/2022) tidak hanya bitcoin, kripto lainnya juga menurun. Misalnya seperti penggunaan ethereum turun 15%, lalu dogecoin dan litecoin turun sebanyak 3%.

BitPay mengungkap saat ini orang memilih kripto yang lebih stabil yakni stablecoin. Hal tersebut terjadi karena belakangan harga bitcoin turun sejak November 2021. Tidak hanya itu, setelah terjadi penurunan, ketika kripto itu melonjak investor cenderung menahan koinnya daripada membelanjakannya.

Meski demikian, kebanyakan investor membelanjakan bitcoin untuk barang- barang mewah. Oleh sebab itu, volume transaksi perusahaan barang merah melonjak. Salah satunya perusahaan swasta yang berbasis di Atlanta yang mencatat kenaikan transaksi sebanyak 31% tahun lalu dari 9% pada 2020, kata Chief Executive Officer Stephen Pair.

Sebagai informasi, BitPay merupakan platform layanan pembayaran kripto. Perusahaan itu didirikan pada 2011. Awalnya perusahaan hanya melayani transaksi digital biasa, misalnya debit atau kartu kredit. Setiap bulannya perusahaan mencatat 66.000 transaksi.

Kemudian, perusahaan juga melayani pembayaran untuk bitcoin. Perusahaan telah bekerja sama dengan layanan investasi kripto. Misalnya tahun lalu BitPay mulai bekerja dengan VeriFone untuk menerima koin digitalnya.

(fdl/fdl)