Booming Cuan dari NFT, Semua Hal Bisa Dijual?

Aulia Damayanti - detikFinance
Jumat, 21 Jan 2022 09:01 WIB
Jakarta -

Booming NFT atau non-fungible token masih berlangsung. Bagaimana tidak, setelah viral foto selfie Ghozali, orang semakin penasaran apa saja yang bisa dijual menjadi NFT.

CEO dari marketplace NFT lokal Baliola, I Gede Putu Rahman Desyanta mengaku banyak pertanyaan mengenai hal tersebut. Ia mencontohkan seorang chef hotel ternama di Bali yang menanyakan apa yang bisa dijual dari seorang chef sebagai NFT.

"Contohnya kemarin sempat kita ngobrol beberapa chef di Bali dari hotel-hotel bintang lima mereka tanya, saya Adi chef apa yang di-NFT-in ya? Sebenarnya bisa aja resep dia bisa di NFT-in, resepnya dijual di-NFT-kan. kalau orang mau belajar bisa beli. Kedua bisa biografinya," katanya dalam acara d'Mentor detikcom, Kamis (20/1/2022).

Ia pun menyebut sebuah mie ayam juga bisa dijual, namun bukan berbentuk makanannya tetapi dalam bentuk hal lain. Misalnya mie ayam itu dibuatkan cerita atau story telling-nya.

"Jadi dibikin menarik, ada unsur emosionalnya, dan itu dijual. 'Tukang Mie Ayam Pergi ke London' jadi ada nilainya. Jadi memang harus berkarya ada valuenya," ucapnya.

Artinya, masuk ke dunia NFT bukan hanya menjual sebuah foto semata. Menurut I Gede Putu haru ada cerita yang mengena atau value dari apa yang dijual dalam NFT.

Berlanjut ke halaman berikutnya.