Edan! Presiden El Salvador Balas Kritik IMF soal Bitcoin Pakai Meme

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 27 Jan 2022 12:45 WIB
El Salvadors President Nayib Bukele participates in the closing ceremony of a congress for cryptocurrency investors in Santa Maria Mizata, El Salvador, Saturday, Nov. 20, 2021. Bukele announced during the rock concert-like atmosphere at the gathering that his government will build an oceanside Bitcoin City at the base of a volcano. (AP Photo/Salvador Melendez)
Foto: AP Photo/Salvador Melendez
Jakarta -

El Salvador didesak untuk mencabut Bitcoin sebagai alat bayar resmi di negara tersebut. Peringatan diberikan langsung oleh Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF).

Namun nampaknya peringatan keras itu tak diindahkan oleh pemimpin negara yang berada di Amerika Tengah itu. Presiden El Salvador Nayib Bukele justru membalas peringatan itu dengan sebuah meme.

Pada 26 Januari kemarin, dia memposting meme berbentuk gambar bergerak alias GIF lewat Twitter-nya. Postingan meme itu disematkan pada sebuah cuitan berita mengenai desakan IMF untuk mencabut Bitcoin sebagai alat pembayaran resmi.

Dilihat detikcom langsung di akun resmi @nayibbukele, Kamis (27/1/2022), meme tersebut menampilkan cuplikan adegan serial The Simpsons. Dengan tulisan berbunyi

"Aku melihatmu, IMF. Itu sangat bagus."


Sebelumnya, IMF sudah mewanti-wanti soal penggunaan Bitcoin pada stabilitas dan integritas keuangan di El Salvador. Bahkan, IMF juga menyinggung soal perlindungan konsumen yang berarti adalah masyarakat El Salvador secara luas yang terancam dengan Bitcoin.

"Ada risiko besar yang terkait dengan penggunaan Bitcoin pada stabilitas keuangan, integritas keuangan, dan perlindungan konsumen, serta kewajiban kontinjensi fiskal," kata IMF dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNBC, Rabu (26/1/2022).

"Anggota dewan IMF mendesak pihak berwenang untuk mempersempit ruang lingkup undang-undang Bitcoin dengan menghapus status tender legal Bitcoin," tambah IMF.

Meski demikian, desakan IMF atas El Salvador untuk menghapus Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah nampaknya akan cukup sulit untuk dilaksanakan.

Terlebih mengingat bagaimana Presiden El Salvador, Nayib Bukele sangat tergila-gila dengan mata uang kripto ini. Bahkan hingga saat ini Bukele telah menambahkan ratusan Bitcoin ke neraca negara dalam beberapa bulan terakhir.

Tidak berhenti di sana, pada Jumat (21/1) kemarin Presiden Bukele mencuit bahwa dia membeli tambahan US$ 15 juta dari Bitcoin karena anjloknya nilai pasar kripto.

(hal/eds)