ADVERTISEMENT

Sandiaga Ungkap Pembayaran Digital Genjot Pariwisata RI, Caranya Gimana?

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 14 Feb 2022 13:36 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno dalam jumpa pers, Senin (10/1/2022).
Menparekraf Sandiaga Uno/Foto: Kemenparekraf
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkap pembayaran digital akan meningkatkan pemulihan ekonomi khususnya sektor pariwisata. Terutama dengan adanya gelaran internasional seperti G20 dan MotoGP di Mandalika.

Pembayaran digital akan didorong tidak hanya untuk warga Indonesia, tetapi untuk turis yang akan datang. Sandiaga mengatakan, pembayaran digital saat ini tentu demi mendorong implementasi Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).

"Sekitar 2 sampai 3 juta turis luar negeri diprediksi akan masuk ke Indonesia tahun ini, mereka akan menggunakan layanan pembayaran (digital) yang memudahkan dan menjamin kesehatan mereka," kata Sandiaga, katanya dalam acara G20 Finance Track Side Event, Senin (14/2/2022).

Tidak hanya itu, pelaku usaha kecil menengah juga akan dipenuhi infrastruktur pembayaran digital. Seperti misalnya tersedianya pembayaran dengan QRIS.

"Kami mendorong pelaku UMKM dan pelaku usaha menerapkan QRIS untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran," lanjut Sandiaga.

Tidak hanya acara G20 dan Mandalika saja yang menjadi fokus. Ada lima destinasi prioritas yang juga akan membantu sektor pariwisata untuk pulih.

"Lima destinasi pariwisata prioritas Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, Likupang akan menjadi fokus transformasi ke level dengan CHSE," imbuh Sandiaga.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT