ADVERTISEMENT

4 Hal Ini Bisa Cegah Kejahatan Saat Transaksi Digital

Dea Duta Aulia - detikFinance
Jumat, 25 Feb 2022 07:52 WIB
Ilustrasi Pembayaran Digital
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Di era digital seperti saat ini, dompet digital menjadi salah satu instrumen pembayaran yang banyak diminati dan makin populer di tengah masyarakat. Popularitas tersebut tidak terlepas dari beragam kemudahan yang diberikan oleh dompet digital, salah satunya yakni mampu membayar semua transaksi tanpa perlu mengeluarkan uang cash.

Meskipun mudah dan simple, kewaspadaan untuk mencegah tindakan kejahatan saat menggunakan dompet digital tetap perlu dilakukan. Untuk memberikan rasa aman saat menggunakan dompet digital, berikut 4 langkah mencegah aksi kejahatan saat bertransaksi digital versi Dewan Teknologi Forbes.

Periksa Laporan Keuangan Secara Berkala

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kejahatan saat bertransaksi digital yakni dengan rutin melakukan pemeriksaan keuangan secara berkala.

Hal ini bisa membantu pengguna untuk mengetahui beragam jenis transaksi yang dilakukan. Serta mempermudah para pengguna untuk mendeteksi jika terjadi transaksi mencurigakan di dompet digital.

Periksa Ulang QR Code

Pembayaran dengan metode QR Code memang sedang marak terjadi. Bahkan, hampir di semua sektor menyediakan pembayaran melalui QR Code.

Maraknya penggunaan QR Code menuntut para pengguna dompet digital harus lebih jeli sebelum melakukan pembayaran. Diusahakan sebelum memindai QR Code sebaiknya, pastikan kode pembayaran asli dan tidak ditempel oleh kode lainnya.

Gunakan Autentikasi Biometrik

Untuk meningkatkan keamanan saat bertransaksi digital tidak ada salahnya jika para pengguna memanfaatkan verifikasi identitas berbasis biometrik berupa wajah, suara, hingga sidik jari.

Sistem verifikasi identitas berbasis biometrik ini terbukti mampu mengurangi risiko kerugian jika smartphone kamu dicuri atau hilang. Pasalnya, pencuri akan merasakan kesulitan untuk mengakses data dompet digital karena membutuhkan verifikasi identitas berbasis biometrik.

Gunakan Aplikasi yang Terpercaya

Meskipun saat ini masyarakat disuguhkan dengan beragam pilihan dompet digital. Namun, selektif dalam memilih dompet digital perlu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk itu kamu perlu menggunakan dompet digital terpercaya, salah satunya yakni DANA. Selain menghadirkan kemudahan, dompet digital ini juga memiliki fitur keamanan yang bernama DANA Protection. Kehadiran fitur ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna aplikasi DANA.

DANA Bebas CemasFoto: DANA

Tak hanya itu, DANA Protection juga memiliki berbagai keunggulan. Pertama, setiap bertransaksi, pengguna akan dilindungi dengan sistem keamanan seperti PIN DANA, kode OTP, atau Face Verification. Jadi pastinya, bisa memproteksi dompet digitalmu dari orang yang tidak bertanggung jawab atau penipu.

Selain itu, DANA juga memberikan 100% jaminan uang kembali jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat kamu bertransaksi sesuai syarat & ketentuan yang berlaku.

Lebih hebatnya lagi, DANA juga memiliki Sertifikasi ISO 27001:2013 untuk keamanan informasi data & Sertifikasi PCI-DSS (Payment Card Industry Data Security Standard) untuk keamanan informasi kartu bank lho! Jadi makin tenang aja deh transaksi pakai DANA.

Yuk, biar kamu bisa bertransaksi dengan Bebas Cemas & #BebasDrama, download & pakai DANA sekarang!



Simak Video "Riset: Opsi Pembayaran Digital Dongkrak Pendapatan UMKM Kala Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT