ADVERTISEMENT

Kreatif! Ini Kisah Anak Muda Menangkan Kompetisi Video #JeniusAman

Erika Dyah - detikFinance
Selasa, 08 Mar 2022 20:21 WIB
Pemenang Lomba Jenius Aman
Foto: Jenius
Jakarta -

Pada zaman serba digital saat ini, proses berkarya bisa dilakukan bareng teman-teman meski jarak memisahkan. Apalagi, jika kamu tergabung dalam komunitas yang mendukung untuk terus aktif menghasilkan karya yang bermanfaat lewat ko-kreasi.

Hal inilah yang dilakukan sekelompok anak muda hingga mengantarkan mereka jadi pemenang pertama #JeniusAman: Public Service Announcement Video Competition Co.Creation Week 2021 (PSAVC CCW'21). Pemenang dengan nama POSRONDA ini terdiri atas 3 orang anak muda, yakni Nurul Inayah, Mahendrayana Setiawan Triatmaja, dan M. Wildan (Boy).

Ketiganya mengaku berkenalan dari sebuah komunitas bernama Komunitas Sinematografi Pekalongan yang berlokasi di Pekalongan. Diketahui, Mahendra merupakan founder komunitas tersebut, sementara Inayah dan Boy merupakan anggota awal ketika komunitas ini terbentuk pada tahun 2019 lalu.

Berkat ko-kreasi yang mereka lakukan, tim POSRONDA menjadi pemenang lomba video yang mengangkat isu kejahatan digital yang berhubungan dengan aplikasi perbankan. Video layanan masyarakat berjudul 'Hati-hati Sama Si Palsu' yang dibuat dalam bentuk jingle ini memberi cara JENIUS hindari kejahatan digital dengan kemasan yang catchy.

Menariknya, ternyata ko-kreasi ini dilakukan dari lokasi berbeda lho. Sebab, Inayah kini berdomisili di Bekasi sementara kedua rekan tim lainnya berlokasi di Pekalongan.

Inayah mengaku #JeniusAman sudah tidak asing lagi baginya. Sebab, ia sering mendapat notifikasi pada aplikasi Jenius perihal hal ini. Dari sinilah, ia dan timnya berpikir membuat video PSA yang dapat dipercaya oleh penonton. Inayah menceritakan proses brainstorming pembuatan video tetap lancar meski dilakukan secara online.

"Persiapannya semua online. Seluruh komunikasi dilakukan lewat WhatsApp," ujar Inayah dikutip dari laman resmi cocreate.id, Selasa (8/3/2022).

Lebih lanjut, Inayah menjelaskan pembuatan ide menuju eksekusi untuk syuting memakan waktu sekitar 1 minggu. Ia berperan merancang storyline video, sementara Mahendra bertanggung jawab sebagai sutradara, dan Boy mengurus perihal lirik lagu hingga koordinasi musik.

Ia menambahkan timnya pun melakukan syuting di Kantor Bank BTPN Cabang Pekalongan untuk membuat video PSA buatan POSRONDA jadi lebih mencolok. Inayah mengungkap mereka berinisiatif membuat video di Kantor Cabang Bank BTPN untuk memberi tahu masyarakat bahwa #JeniusAman dan videonya itu bisa dipercaya.

"Perizinannya pun dimudahkan," ungkap Mahendra yang berperan sebagai sutradara dalam produksi video.

Ko-kreasi dari video ini pun tak berhenti oleh ketiganya saja. Sebab, Boy yang bertanggung jawab mengurus musik mengaku ia turut bekerja sama dengan seniman di Bandung untuk membuat lirik dan musik hingga menjadi jingle yang menarik.

Baik Inayah, Mahendra, maupun Boy mengaku sering mengikuti berbagai lomba dan tak jarang memenangkan lomba-lomba tersebut. Uang hasil lomba pun sering kali disisihkan untuk Komunitas Sinematografi Pekalongan, misalnya untuk membeli alat yang lebih canggih lagi.

Tak hanya aktif berkegiatan di komunitas tersebut, ketiganya juga mengikuti komunitas lain yang sesuai hobi mereka dan kerap mendapat informasi lomba lain dari komunitas yang diikuti. Sehingga, ketiganya bisa terus aktif berkreasi lewat komunitas meski terbatas jarak sekalipun.

Wadah Berkomunitas di Jenius Co.Create

Ingin berkomunitas dan menghasilkan karya kreatif seperti POSRONDA? Kamu bisa gabung di wadah komunitas nasabah Jenius di Jenius Co.Create dan menjalin relasi dengan orang-orang baru.

Jenius Co.Create yang lahir dari semangat berkokreasi Jenius ini sudah terbentuk sejak 14 Desember 2017. Hingga saat ini, Co.Creators yang ada tercatat lebih dari 38.000.

Jenius Co.Create merupakan wadah untuk berbagi ide, inspirasi, dan kreativitas demi terwujudnya layanan finansial yang lebih baik. Kamu bisa jadi bagian dalam komunitas Jenius Co.Create dan ikut berkokreasi demi menciptakan berbagai inovasi layanan finansial.

Di komunitas ini, kamu juga bisa mengapresiasikan diri dengan menulis artikel atau fiksi, mengikuti kelas, hingga berdiskusi seputar life, finance, dan tech. Pastinya, kamu juga bisa ko-kreasikan berbagai karya lain yang nggak kalah unik dan hebat dari POSRONDA. Tertarik untuk tahu lebih dalam soal Jenius Co.Create? Kamu bisa cek di sini.

[Gambas:Youtube]



(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT