ADVERTISEMENT

Jenius Rilis Fitur Baru Investasi Reksa Dana, Ini Kelebihannya

Angga Laraspati - detikFinance
Senin, 31 Jan 2022 22:35 WIB
Jenius BTPN
Foto: Jenius
Jakarta -

Awal tahun merupakan waktu yang tepat untuk memperbarui hidup dengan tujuan dan semangat baru. Salah satunya yaitu fokus membuat resolusi keuangan yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

Resolusi keuangan yang tepat memungkinkan seseorang untuk mengelola kondisi keuangannya hingga mampu menggapai mimpi. Untuk itu di tahun 2022 ini, Anda dapat mencoba membuat resolusi keuangan tidak hanya menabung saja, namun juga mulai berinvestasi.

Berbeda dengan tabungan, investasi bisa menumbuhkan uang tanpa perlu khawatir akan tergerus inflasi. Ada banyak bentuk investasi yang bisa dilakukan oleh setiap orang, mulai dari deposito hingga reksa dana.

Jenius dari Bank BTPN misalnya, kini menghadirkan fitur investasi reksa dana untuk membantu penggunanya mulai berinvestasi dengan lebih simpel langsung dari aplikasi Jenius.

Berdasarkan keterangan resminya, fitur investasi reksa dana di Jenius memungkinkan pengguna untuk dapat mengetahui profil risiko, membuat akun reksa dana, membuat portofolio, mencari produk reksa dana yang sesuai untuk mengisi portofolio, mudah beli dan jual, hingga mudah memantau performa portofolio investasi. Semuanya bisa dilakukan langsung dari menu Investment di halaman Wealth pada aplikasi Jenius.

Adapun kelebihan dari fitur reksa dana di Jenius antara lain adalah kemudahan dalam membuka akun reksa dana, karena tak perlu mengisi banyak data dan pengguna cukup menginformasikan tingkat pendidikan terakhir saja.

Selain itu, pengguna juga diberi kemudahan untuk membeli dan menjual reksa dana yang tak perlu dihubungkan rekening bank atau top up saldo. Karena proses pembeliannya dilakukan secara otomatis dengan menarik uang dari saldo aktif tanpa perlu top up atau berpindah aplikasi. Pengguna juga bisa memantau investasinya dengan mudah dan simpel hanya lewat aplikasi Jenius

Bagi yang ingin memulai berinvestasi di Jenius ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Pertama yaitu mengikuti kuis profil risiko untuk mengetahui tingkat toleransi terhadap risiko investasi. Kuis ini juga menginformasikan produk investasi apa yang cocok untuk pengguna.

Selanjutnya yaitu membuka akun reksa dana yang terbagi dalam 3 tahap yaitu pengajuan data, verifikasi data, dan pengajuan disetujui. Verifikasi data membutuhkan waktu maksimal hingga 2 hari bursa. Setelah prosesnya selesai, pengguna akan mendapatkan notifikasi berisi informasi status akun reksa dana yang telah aktif.

Langkah berikutnya yaitu membuat portofolio sebagai tempat untuk menyimpan reksa dana dengan memilih Buat Portofolio di aplikasi Jenius. Sewaktu membuat portofolio, pengguna bisa memberikan nama portofolio sesuai tujuan keuangan yang ingin diwujudkan.

Misalnya bila ingin memiliki rumah atau mobil impian, maka pengguna tinggal membuat portofolio yang sesuai dengan impian untuk memiliki rumah atau mobil tersebut.

Setelah memiliki portofolio, kini saatnya melakukan investasi lewat dua cara yang bisa digunakan ketika mencari produk reksa dana untuk mengisi portofolio. Cara pertama yaitu mencari reksa dana berdasarkan manajer investasi dan kedua berdasarkan kategori produk antara lain, Pasar Uang, Obligasi Jangka Pendek, Obligasi Jangka Panjang dan Ekuitas.

Bagi yang ingin mencairkan investasinya, pengguna bisa melakukan penjualan reksa dana yang ada di portofolionya dengan mudah. Sama seperti pembelian, ada tiga proses penjualan reksa dana yaitu penjualan, verifikasi, dan jika berhasil maka investasi bisa dicairkan.

(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT