Tips Aman Transaksi Online Ala Jenius, Apa Saja?

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 30 Des 2021 20:26 WIB
Jenius BTPN
Foto: Jenius
Jakarta -

Sebuah bank digital, Jenius dari Bank BTPN, membagikan tips aman dalam bertransaksi online. Apalagi saat ini, transaksi online sudah menjadi tren yang dilakukan oleh banyak masyarakat.

Dengan tahun yang segera berakhir dan menandakan musim liburan tiba, masyarakat pun mulai mencari hadiah akhir tahun untuk orang yang mereka sayangi.

Meski masih berada di masa pandemi, masyarakat tidak kehabisan akal untuk tetap mencari kado, salah satunya dengan belanja online. Plus, menjelang akhir tahun biasanya terdapat berbagai penawaran menarik hingga diskon besar, tentu semakin menjadi dorongan bagi masyarakat untuk berbelanja.

Namun, di balik kebahagiaan mencari hadiah tersebut, terselubung kejahatan online yang kerap muncul ketika aktivitas belanja dan transaksi online sedang tinggi-tingginya. Beberapa oknum memanfaatkan momen tersebut untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Nah, sebagai pengguna jasa digital, masyarakat tentu dituntut untuk lebih berhati-hati ketika bertransaksi online. Jenius pun membagikan tips aman dalam bertransaksi online agar data pribadi dan keamanan data tidak digondol penjahat.

Bertransaksi di Situs dengan 3D Secure

Memang banyak situs untuk membeli kado-kado secara online. Meski begitu, tidak semua situs mempunyai keamanan yang terjamin. Salah satu yang harus diperhatikan adalah apakah situs yang dituju punya keamanan 3D Secure.

3D Secure adalah lapisan keamanan tambahan dengan mengklarifikasi identitas pemegang kartu saat transaksi online berlangsung. Cara kerja 3D Secure adalah dengan mengirimkan kode OTP dalam bentuk SMS ke nomor handphone pemegang kartu yang terdaftar di bank terkait.

Hindari melakukan transaksi online pada situs e-commerce yang tak dilengkapi 3D Secure. Karena walaupun transaksi tetap bisa dilakukan, informasi kartu pengguna bisa diambil pihak gak bertanggung jawab untuk melakukan transaksi tanpa meminta otorisasi si pemilik kartu.

Cek Keamanan Situs

Setelah memastikan lapisan keamanannya, cek juga keamanan dari situs tersebut dengan memperhatikan URL dari situs yang dituju. Apabila muncul logo gembok di depan link URL, maka situs tersebut aman.

Lihat juga apakah situs yang dituju diawali dengan https, dan bukan http. Https ini menandakan situs tersebut menggunakan SSL Certificate yang menjamin keamanan situs.

Jaga Data Pribadi

Dalam bertransaksi online, wajib hukumnya bagi para pengguna untuk menjaga data-data pribadi yang berhubungan dengan perbankan seperti PIN dan password, username, nama ibu kandung, alamat, kode OTP, serta informasi yang ada pada kartu debit.

Jangan pernah memberikan informasi tersebut kepada orang lain, karena data tersebut adalah data pribadi yang harus dirahasiakan dan hanya pengguna yang boleh tahu.

Atur Notifikasi di Aplikasi Jenius

Untuk semakin memberikan keamanan bagi pengguna, bank digital juga mempunyai sistem keamanannya sendiri. Seperti Jenius yang memiliki fitur Pengaturan Notifikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui aktivitas keuangan yang ada pada Jenius.

Apabila pengguna menerima notifikasi atas transaksi yang tidak dilakukan, segera blokir sementara kartu debit yang dimiliki, batasi limit transaksi kartu, atau pindahkan sementara dana yang ada di dalam kartu ke Flexi Saver-fitur menabung di Jenius yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah itu, hubungi Jenius Help di 1500 365 untuk bantuan lebih lanjut.

Itu tadi beberapa tips aman bertransaksi online ala Jenius agar hunting hadiah libur akhir tahun lebih aman. Untuk Tips keamanan lainnya bisa dilihat lebih lanjut di tautan berikut ini.

(ads/ncm)