Dari 5 Bank Digital di RI Ini, Mana yang Paling Bikin Untung?

ADVERTISEMENT

Dari 5 Bank Digital di RI Ini, Mana yang Paling Bikin Untung?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 29 Okt 2021 12:15 WIB
Fintech
Ilustrasi/Foto: Tim Infografis Zaki Alfarabi
Jakarta -

Bank digital beberapa waktu terakhir menjadi perbincangan hangat. Hal ini karena proses pendaftaran yang mudah, transaksi yang cepat, bunga simpanan yang besar sampai tawaran gratis biaya transfer hingga gratis biaya tarik tunai.

Memang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga mendukung penuh operasional bank digital di Indonesia. Bahkan regulator sampai mengeluarkan aturan terkait the next bank ini.

Ada banyak pilihan bank digital yang bisa digunakan oleh masyarakat. detikcom merangkum beberapa fitur, keuntungan dan kekurangan bank-bank digital yang ada di Indonesia.

Jenius BTPN

Bisa dibilang Jenius merupakan salah satu pioneer bank digital di Indonesia. Jenius memiliki produk tabungan Flexi Saver yang memungkinkan pengguna bisa bebas menyetor atau menarik uang kapan dan di mana saja tanpa ada biaya penalti.

Kemudian Dream Saver yang bisa mewujudkan impian dengan tabungan autodebit yang jumlah setoran dan periodenya bisa dipilih sendiri. Lalu ada juga Maxi Saver atau deposito berjangka yang setoran, tenor, dan metode perpanjangannya bisa ditentukan sendiri. Jenius juga melayani banyak transaksi seperti isi ulang uang elektronik sampai pembayaran tagihan.

Jenius juga memiliki kuota gratis 25 kali transfer ke rekening bank lain. Jika sudah habis maka biaya yang dikenakan Rp 5.000 per transaksi atau Rp 6.500 jika melalui ATM.

Saat ini Jenius mengenakan biaya feesible alias biaya berlangganan sebesar Rp 10.000. Biaya ini merupakan komitmen Jenius untuk inovasi baru yang memudahkan konsumen.

blu by Digital BCA

blu merupakan anak bungsu dari PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Walaupun pemain baru, blu saat ini sudah memiliki banyak pengguna.

Kemudahan untuk sobat blu adalah mudahnya membuka rekening dan tidak memakan waktu lama. blu memiliki jenis simpanan bluAccount untuk rekening utama, bluSaving yang memungkinkan memberi nama dan mengatur jangka waktu untuk tabungan. Ada juga bluDeposit yang merupakan deposito berjangka minimal Rp 1 juta dan bisa mendapatkan bunga 4% p.a.

Untuk pembayaran tersedia seperti pulsa, paket data, tagihan paskabayar, internet/TV Kabel, voucher game, musik & video dan voucher digital.

blu juga bisa melakukan pembayaran menggunakan QR. Menarik tunai tanpa kartu. Untuk transfer ada kuota gratis ke bank lain.

Kekurangannya, untuk isi ulang uang elektronik blu masih hanya memfasilitasi OVO dan GoPay.

Lihat juga video 'Di Depan Jokowi, Erick Thohir Sebut Bagi Hasil Bank Syariah Mahal':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT