Meta Mau Rilis Mata Uang Virtual, Bisa Buat Transaksi di Instagram-Facebook?

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 07 Apr 2022 10:49 WIB
Mark Zuckerberg resmi mengumumkan perubahan nama Facebook menjadi Meta.  (AP Photo/Eric Risberg)
Foto: AP/Eric Risberg
Jakarta -

Meta Platforms Inc (FB.O) dikabarkan tengah mempersiapkan rencana memperkenalkan token virtual dan kripto. Kripto meta yang dijuluki 'Zuck Bucks' akan digunakan untuk metaverse.

Meta memang terkenal tengah membangun kehidupan virtual, metaverse. Jadi mata uang virtual ini katanya dimaksudkan untuk metaverse dan mungkin tidak didasarkan pada blockchain. Demikian dari sumber yang mengetahui hal tersebut.

Token virtual itu akan dikontrol secara terpusat oleh perusahaan. Jika diterapkan, itu juga dapat memberi Meta pendapatan baru dan kontrol atas transaksi dalam rangkaian aplikasi dan layanannya.

Adapun platform yang dimiliki Meta, yaitu Facebook, Instagram, WhatsApp, dan platform realitas virtual Meta Quest.

Meski demikian, perusahaan masih enggan buka suara soal rilisnya mata uang virtual itu. Juru Bicara Meta hanya mengatakan pihaknya masih fokus menggarap metaverse.

"Kami tidak memiliki pembaruan untuk dibagikan hari ini. Itu termasuk seperti apa pembayaran dan layanan keuangan," ucapnya dikutip dari Reuters, Kamis (7/4/2022).

Sebenarnya, CEO Meta Mark Zuckerberg pernah mengatakan bulan lalu bahwa Instagram akan memperkenalkan non-fungible token (NFT) dalam waktu dekat.

Kemudian, awal tahun ini, Meta bergabung dengan Crypto Open Patent Alliance (COPA), sekelompok perusahaan yang dipimpin oleh Jack Dorsey's Block Inc (SQ.N) yang telah berjanji untuk mempromosikan akses terbuka ke teknologi kripto.

(ara/ara)