Laporan dari Davos

Industri Metaverse Berkembang Pesat, Bagaimana Dukungan Pemerintah?

Zulfi Suhendra - detikFinance
Rabu, 25 Mei 2022 08:30 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia terus mengalami perkembangan pesat. Hal ini tercermin pada gross merchandise value di 2021 yang tumbuh sebesar US$ 70 miliar.
Foto: Dok. Kominfo
Davos -

Perkembangan industri metaverse dinilai potensial dan semakin cepat ke depannya. Pemerintah pun bersiap menyediakan infrastrukturnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengakui industri metaverse berkembang pesat. Dia mengatakan Indonesia tak boleh ketinggalan menangkap peluang ekonomi digital ini.

"Metaverse berkembang pesat. Pada saat kita menyiapkan 4G dan 5G di saat itu akan tumbuh dan berkembang sangat besar. Kita harus mengambil inisiatif. Pemerintah punya komitmen," ujar Johnny G Plate di sela acara World Economic Forum 2022 di Davos, Selasa (25/5/2022).

Johnny mengatakan, Indonesia Pavilion di Davos yang merupakan 'rumah' Indonesia, dipamerkan salah satu industri metaverse karya anak bangsa yaitu WIR Group. Menurutnya itu merupakan bukti bahwa perkembangan industri ini tak bisa dipandang sebelah mata.

"Salah satu perusahaan yang berhubunbgan dengan metaverse itu WIR hadir di sini," ujarnya.

Johnny menambahkan, komitmen pemerintah dalam mendukung metaverse, umumnya perkembangan ekonomi digital adalah mempersiapkan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi.

"Komitmen pemerintah yang mahal itu infrastruktur TIK nya kita siapkan dengan baik untuk 4G dan 5G. Yang kedua spectrum frekeunsinya kita siapkan juga. tanpa ini nggak bisa juga 4G dan 5G jalan," ujarnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.