BI Mau Bikin Rupiah Digital, Nasib Uang Tunai Gimana?

ADVERTISEMENT

BI Mau Bikin Rupiah Digital, Nasib Uang Tunai Gimana?

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 12 Jul 2022 19:45 WIB
Ilustrasi uang kertas 75 ribu rupiah
Foto: Getty Images/iStockphoto/Sino Images Studio
Nusa Dua -

Bank Indonesia memastikan hadirnya rupiah digital tak akan menghilangkan uang tunai telah beredar selama ini. Hal ini diungkap oleh Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran (DKSP) BI Ryan Rizaldy.

"Dengan adanya CBDC uang rupiah ilang? Apakah dengan elektronik sekarang punya dengan Gopay, apakah uang kertas hilang? Enggak juga," Ryan dalam konferensi pers di gedung Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Bali, Selasa (12/7/2022).

Jadi, dia meyakini adanya uang digital ini untuk menambah pilihan masyarakat dalam bertransaksi, bahkan investasi.

"Prinsip yang kita pegang juga masalah konsistensi, hidupnya masyarakat Indonesia itu bisa bertransaksi dalam berbagai macam situasi, banyak pilihan. CBDC bisa memperkaya kemungkinan tersebut. Tidak untuk menghilangkan tapi juga menambah," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ryan juga membahas ungkapan Dana Moneter Internasional (IMF) yang membeberkan segala ancaman jika uang digital bank sentral ini hadir.

"Kalau salah design sedikit, sistem keuangan akan goyang. Dan kita tidak ingin CBDC mengganggu pasar keuangannya. Sudah ada kemungkinan-kemungkinan solusi yang bisa ditempuh untuk memitigasinya dalam perbankan dan akan bereksperimen dalam uji coba penerbitan CBDC," jelasnya.

(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT