Jadi Korban Pinjol atau Investasi Bodong, ke Mana Lapornya?

ADVERTISEMENT

Jadi Korban Pinjol atau Investasi Bodong, ke Mana Lapornya?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 05 Okt 2022 15:51 WIB
Rentenir Online
Ilustrasi Investasi Bodong (Foto: Tim Infografis Andhika Akbaransyah)
Jakarta -

Pinjaman online ilegal dan investasi bodong kini masih beredar di masyarakat dan bergentayangan mencari korban.

Tapi jika sudah terlanjur jadi korban dan menderita kerugian. Bisa lapor ke mana ya?

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengungkapkan masyarakat yang merasa dirugikan atau hendak melakukan pengaduan terkait pinjaman online ilegal dapat mendatangi Warung Waspada Pinjol.

"Warung Waspada Pinjol ini diharapkan dapat meminimalkan korban pinjol ilegal dan memperluas layanan pengaduan dan konsultansi masyarakat terkait pinjol ilegal," kata dia dalam siaran pers, Rabu (5/10/2022).

Dia menjelaskan Warung Waspada Pinjol ini dibuka di The Gade Coffee and Gold Kebon Sirih, Jakarta Pusat, setiap pekan kedua dan keempat setiap bulannya selama pukul 09.00-11.00 WIB.

Tongam mengungkapkan SWI terus mendorong penegakan hukum kepada para pelaku pinjaman online ilegal ini dengan terus menerus juga melakukan pemblokiran situs dan aplikasi agar tidak diakses oleh masyarakat.

"Masyarakat juga diminta mewaspadai segala bentuk modus baru yang dilakukan oleh para pelaku untuk menjerat korban," ujarnya.

Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan dan mengetahui keberadaan pinjol ilegal, masyarakat dapat mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT