ADVERTISEMENT

Jangan Senang Dulu Ada Duit Nyasar ke Rekening, Buruan Lakukan Hal Ini!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 26 Okt 2022 14:30 WIB
Close-up of hand entering PIN/pass code for a money transfer, on a ATM/bank machine keypad outside
Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/PKpix
Jakarta -

Modus penipuan pinjaman online (pinjol) ilegal terus berubah. Kali ini modus yang digunakan adalah salah transfer ke rekening calon korban.

Jadi, seseorang akan mengirimkan uang ke rekening calon korban dan meminta uang tersebut ditransfer ke rekening lainnya. Kemudian, calon korban akan ditagih oleh pihak pinjol ilegal.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengungkapkan memang modus ini beberapa waktu terakhir sering dilakukan oleh pinjol ilegal dan komplotan penipu. Dia menyebut ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh penerima dana.

"Pastikan dia yang menerima tidak mengikuti arahan untuk mengunduh aplikasi atau mengklik link yang diberikan," kata Tongam saat dihubungi detikcom, Rabu (26/10/2022).

Biasanya ada pihak yang menghubungi mengaku salah transfer kemudian mengarahkan penerima untuk melakukan transfer balik dan meminta penerima mengunduh suatu aplikasi atau mengklik link yang diberikan untuk menyampaikan bukti transfer.

"Link yang dicantumkan merupakan link untuk mengunduh aplikasi pinjaman online illegal yang diduga dapat mengambil data pribadi seperti kontak di handphone, contact, gallery, storage, dan lainnya," jelas dia.

Tongam mengungkapkan, penerima transfer nyasar bisa datang atau menghubungi bank untuk meminta keterangan pengirim uang. Selanjutnya bisa juga meminta nomor rekening bank atas nama pengirim dana untuk transfer pengembalian dana tersebut.

"Jika diminta untuk memberikan bukti transfer, pastikan memberi foto bukti transfer hanya melalui WhatsApp bukan aplikasi atau link yang diarahkan pelaku," jelas dia.

Kemudian jika mendapatkan teror, intimidasi atau penyebaran data pribadi maka bisa segera melapor ke pihak Kepolisian untuk dilakukan proses hukum.

(kil/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT