Berang Disebut Dukung Kripto Pi Network, Wamendag: Itu Bukan Suara Saya!

ADVERTISEMENT

Berang Disebut Dukung Kripto Pi Network, Wamendag: Itu Bukan Suara Saya!

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 10 Nov 2022 12:57 WIB
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI Jerry Sambuaga saat berdiskusi dengan perwakilan Pengusaha Senior Hariara Tambunan di Kantor Kemenag, Jakarta, Kamis (9/12/2021). Dalam pertemuan ini pemerintah optimistis di Tahun 2022 mendatang ekonomi Indonesia akan bangkit dan para pengusaha juga diminta untuk tetap optimis untuk menjalankan usahanya.
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga (Foto: dok. Kemendag)
Jakarta -

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memberikan klarifikasi mengenai beredarnya audio yang diduga adalah suaranya. Audio itu beredar di media sosial YouTube pada beberapa video yang mempromosikan cryptocurrency Pi Network.

Jerry membantah bahwa audio itu bukan dirinya yang telah terbesar di sejumlah video di YouTube itu. Hal ini diluruskan Jerry karena narasi yang disampaikan sejumlah video di YouTube itu bahwa Jerry telah menyampaikan keterangan resmi dan dukungan terhadap Pi Network.

"Ada yang men-direct message saya yang menanyakan terkait Pi Network saya juga nggak tahu, karena saya tidak pernah mendengar ini, tiba-tiba apakah betul saya memberikan semacam keterangan atau semacam pernyataan terkait Pi Network ini. Bahkan di salah satu yang disampaikan teman-teman, ada semacam pernyataan dari saya dan ada videonya diputar, video itu ditampilkan seolah-olah itu suara saya," jelas Jerry dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (10/11/2022).

"Setelah kami cek dan kami lihat, itu sama sekali tidak benar, kedua ada suara ditampilkan itu juga sama sekali tidak benar bisa dicek. Artinya itu sudah misleading informasi tetapi sudah menyesatkan sudah fitnah," tegasnya.

Jerry memastikan tidak ada pernyataan resmi dari dirinya mengenai Pi Network. Ia menyayangkan bahwa video ini viral di YouTube, banyak video yang menunjukan audio tersebut dan mengatasnamakan dirinya.

"Itu bukan suara saya, tidak pernah ada pernyataan dari saya dan itu viral. Info ini tidak benar video ini tidak pernah ada, saya tidak pernah ada di video ini, kalaupun ada hasil yang dipotong-potong, suaranya tidak benar," ungkap Jerry.

Berdasarkan penelusuran detikcom di YouTube, ketika dicari dengan kata Pi Network akan muncul beberapa video salah satunya 'Pemerintah Indonesia sudah bisa terima Pi Network'. Video dengan judul itu menggunakan foto dari Jerry Sambuaga.

Video lainnya, ada juga yang berjudul 'Akhirnya !! Wakil Menteri Perdagangan Angkat Bicara Soal Pi Network di Indonesia'. Kemudian beberapa video lainnya juga memiliki narasi yang serupa.

Dalam salah satu video, ditunjukan sebuah grup WhatsApp yang diduga kumpulan investor Pi Network. Salah satu anggotanya membagikan audio dan foto dari Jerry Sambuaga.

Audio itu seakan-akan disebut merupakan keterangan langsung dari Jerry. Adapun isi dari audio tersebut yakni menyatakan bahwa Pi Network merupakan uang digital global dan bisa untuk berbelanja. Kemudian ada juga keterangan bahwa Pi Network ini bisa menjadi rupiah.

"Sampai di situ, ini untuk mempersempit pengetahuan yang kita dapatkan Pi ini adalah uang digital global, di mana mana bisa belanja. Namun kenapa perbankan di Indonesia membuat apa namanya rekening digital karena ini tujuannya apa, jikalau kita membutuhkan uang rupiah karena ini Pi ini tidak akan pernah .. rupiah tentu turunnya rekening digital rupiah. Kapan kita membutuhkan rupiah? Tentu kita sesuai dengan kebutuhan kita tinggal mengalihkan rekening digital," suara audio yang disebut adalah Jerry.

"Di Thailand saat ini sudah berapa lama berlaku, di sana sudah bayar Pi, makan di mana mana bayar Pi, tidur di hotel bayar Pi, ini bukan cerita saya punya anak menantu berangkat ke sana, dan dia di sana," lanjut audio tersebut.

(ada/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT